Pelajari IPAL Bali, Komisi III Beharap IPAL Banjarbakula Terbentuk

Ketua Komisi III H. Hasanuddin Murad (bawah dua dari kanan) menyerahkan plakat kepada Kepala seksi pelaksana teknis IPAL Provinsi Bali I Putu Sujana (bawah tiga dari kanan) didampingi anggota komisi III.(sidik)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Komisi III DPRD Kalsel melaksanakan kunjungan kerja ke ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Provinsi Bali Senin (20/6).

Ketua Komisi III H. Hasanuddin Murad mengungkapkan pentingnya memperkaya materi perihal penguatan serta penyempurnaan bahan terkait
Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan sarana dan prasarana air limbah di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, karena pada akhirnya ini erat sekali dengan sanitasi hingga capaian hidup masyarakat yang sehat dan kuat.

“Kami banyak mendapatkan substansi penting guna dijadikan bahan dalam kerangka mekanisne pembuatan Raperda sebelum disahkan menjadi Perda terkait pelengelolaan air limbah,” Kata Hasanuddin Murad kepada Kalselpos com didampingi anggota Komisi III lainnya.

Diungkapkannya, pihaknya berharap Kalsel ke depan bisa mengelola lebih baik dan profesional khususnya regional banjarbakula.

Maka dari itu informasi didapat perlu dipelajari lebih dalam terutama pengelolaan sarana dan prasarana air limbah tersebut
oleh karenanya Perda yang akan dibuat bisa mendorong kepada Pemrov, Kabupaten dan Kota untuk bisa mencontoh managemen IPAL di Bali.

“Semoga kita bisa mencontoh IPAL Bali ini demi kemaslahatan masyarakat banua, ” harap Mantan Bupati Barito Kuala dua periode ini .

Sementara itu Kepala seksi pelaksana teknis IPAL Provinsi Bali I Putu Sujana menjelaskan, pelayanan UPTD IPAL di Bali teedapat dua jenis layanan pertama layanan perpipaan air limbah domestik /SPALD-T dengan KAPASITAS 51.000 M3/ hari dan kedua Layanan Pengolahan Lumpur Tinja/SPALD-S berkapasitas 400 M3/hari.

“Dengan instalasi air limbah IPAL Suwung ini diharapkan kawasan pesisir terbebas dari ecoli (Escherichia coli) dan limbah domestik terpusat, ” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.