Hari ini Pemukiman dan Pasar Batuah di Bongkar

Skenario pembongkaran Pemukiman dan Pasar Batuah Banjarmasin.(ist)Ahmad fauzie(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com -Revitalisasi Pasar Batuah telah memasuki tahap pembongkaran (eksekusi). Pembongkaran pemukiman warga Kampung Batuah yang masuk dalam area proyek revitalisasi Pasar Batuah bernilai Rp 3,5 miliar telah dimatangkan pada Sabtu (18/6) pagi ini

Khabar rencana pembongkaran pemukiman Kampung Batuah di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur yang dihuni sekitar 191 kepala keluarga (KK) terdiri dari 317 jiwa ini beredar di tengah masyarakat Batuah.

Bacaan Lainnya

Sedikitnya ada 11 skenario yang akan dijalankan Pemkot Banjarmasin dengan menggandeng pihak Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, PLN, PDAM Bandarmasih serta pihak lainnya yang dimotori Satpol PP Banjarmasin. Direncanakan skenario ini dijalankan pada hari ini, Sabtu (18/6/2022) pagi mulai pukul 08.00 Wita.

Langkah pertama adalah penutupan Jalan Veteran dari simpang Jalan Gatot Subroto hingga Simpang Jalan Kuripan pada pukul 07.00 Wita.

Personel yang diturunkan akan parkir di Jalan Veteran dekat Pasar Batuah. Kemudian pada pukul 08.00 Wita, seluruh personel gabungan terlibat dalam penertiban dan pengamanan menggelar apel kesiapan di Jalan Veteran depan Pasar Batuah.

Sebelumnya, tim pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) diterjunkan ke lokasi , disusul tim hunting bergerak ke lokasi sasaran (Pasar Batuah). Berikutnya, tim PLN dan PDAM Bandarmasih melaksanakan tugasnya (pemutusan aliran listrik dan leding) dengan pengawal ketat personel pengamanan. Puncaknya, personel Satpol PP Kota Banjarmasin akan melakukan pembongkaran dimulai dari sisi sebelah Jalan Manggis dengan alat berat dengan pengawalan tim negosiator, Dalmas, Polwan dan dibackup personel Kodim dan Denpom.

Benda berharga dari pembongkaran pemukiman warga Kampung Batuah akan diamankan di Kantor Lurah Kuripan yang lokasinya tak jauh dari tempat sasaran. Skenario lainnya jika ternyata ada perlawanan dari massa hingga berbuat anarkis, maka Dalmas Inti Polresta Banjarmasin akan bergerak dan merapat ke sisi Pasar Batuah, Jalan Manggis dengan ikatan kompi. Bahkan, tim hunting dan tim tindak bergerak untuk menandai para provokator dan melakukan penangkapan (jika diperlukan).

Sejumlah warga Jalan Veteran, Banjarmasin Timur sudah merasakan aparat yang akan terlibat dalam ‘aksi penggusuran’ Kampung Batuah.

Ketua Aliansi Warga Kampung Batuah, Muhammad Syahrian Noor pun mengakui sejak beredar kabar rencana penertiban cukup banyak personel kepolisian datang ke kampungnya.

“Kami imbau warga Batuah agar tak berbuat anarkis jika memang besok akan ada tindakan penertiban. Sebab, warga Kampung Batuah menghormati proses hukum karena perkara ini masih berlangsung di PTUN dan PN Banjarmasin,” kata Syahrian, Jumat (17/6) lalu.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ahmad Muzaiyin membenarkan kabar adanya penertiban terhadap pemukiman warga Kampung Batuah, usai tenggat waktu telah berakhir. “Namun, sebaiknya tunggu besok saja,” kata mantan Camat Banjarmasin Timur ini singkat.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.