Pemko Banjarmasin harapkan seluruh Anak ikuti BIAN

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah melakukan menyuntikan imunisasi kepada siswa SDN Gadang 2.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, saat ini gencar melaksanakan imunisasi dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Seperti yang dilaksanakan di SDN Gadang 2, di Jalan Aes Nasution, Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Senin (30/05/22).

Bacaan Lainnya

Pada pelaksanaan imunisasi Bian itu, Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah, secara langsung penyuntikan imunisasi kepada salahsatu anak.

“Jadi program imunisasi ini program pemerintah untuk melindungi warganya. Kewajiban Pemerintah itu dilanjutkan dengan sosialisasi, dan sosialisasi ini dikerjakan oleh Dinas Kesehatan,” ujar Siti Wasilah, kepada wartawan.

Dikatakannya, saat ini banyak para orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk di Imunisasi dengan berbagai macam alasan.

“Padahal kalau orang tua tidak mengizinkan anaknya di Imunisasi, sama saja dengan membiarkan anaknya berhadapan dengan penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan Imunisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Zonal Koordinator Imunisasi Unicef Kalimantan, NTT, NTB, Bali, Jana Fitria Kartika Sari menegaskan, bahwa peran serta Unicef dalam pencapaian Imunisasi Bian, sebagai suporting untuk pemerintah yang dalam hal ini Dinas Kesehatan.

“Bian itu ada dua macam. Pertama, Imunisasi tambahan Campak dan Rubella itu, targetnya 95 persen,” ucapnya.

“Sedangkan yang satunya lagi yakni Imunisasi kejar, dimana Imunisasi ini untuk melengkapi status Oral Polio Vaccine (OPV) yang seharusnya satu anak itu mendapat empat dosis, Inactivated Polio Vaccine (IPV) satu kali dan DPT-HB-HIB (Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Haemophilus Influenzae type B) satu anak harus mendapat empat dosis,” sambungnya.

Target itu katanya, harus dikejar oleh pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan, dalam rangkan upaya melengkapi imunisasi anak-anak.

“Jadi melalui BIAN ini, Imunisasi diberikan secara gratis oleh pemerintah, karena cakupan Imunisasi yang menurun imbas dari Covid-19,” tandasnya.

Program Bian yang dimulai sejak 18 Mei 2022 lalu ini, terus dilakukan di Banjarmasin, meski hingga sampai saat ini capaian baru 7 persen dari target 149 ribu anak.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait