BUMDes Maju Bersama Ikut Lomba Tingkat Kalsel

Tim Penilaian dari Provinsi Kalimantan Selatan saat berkunjung di BUMDes Maju Bersama di Desa Harusan. (adiyat)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ‘Maju Bersama’ Desa Harusan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) didatangi Tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim Penilaian yang dipimpin oleh Agus Fariady, APi, MP selaku Kasi Pengembangan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( DPMD ) Kalsel ini melakukan penilaian dalam perlombaan BUMDes Terbaik tingkat Provinsi Kalsel, kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut Agus, dalam penilaian lomba BUMDes terbaik pihaknya mengacu pada tiga aspek dalam melakukan penilaian yaitu Manajerial, operasional dan dampak terhadap masyarakat.

“Jadi ada beberapa aspek yang kita nilai yaitu Manajerial, operasional serta dampak terhadap masyarakat, sampai sejauh mana BUMDes itu bermanfaat bagi masyarakat karena BUMDes itu ada karena berdasarkan masyarakat melalui musyawarah desa untuk mengelola dengan potensi-potensi yang ada di desa, selanjutnya hasilnya akan dikembalikan ke desa demi kesejahteraan masyarakat, BUMDes maju desa sejahtera desa pun makmur,” ucapnya.

Agus berharap, adanya BUMDes ‘Maju Bersama’ Desa Harusan dapat dijadikan contoh oleh desa-desa di HSU untuk dapat berinovasi dengan potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing.

Sementara itu, pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD HSU Amita Susana menyampaikan, keikutsertaan BUMDes ‘Maju Bersama’ dapat memotivasi desa-desa di HSU untuk bisa membentuk BUMDes nya masing-masing guna meningkatkan perekonomian desa.

“Disini ada sistem jemput bola, yaitu jenis penggilingan padi mobile/ berjalan dan pendistribusian air galon yang mendatangi langsung ke masyarakat, yang dimana kita melihat dibandingkan dengan BUMDes yang lainnya kemanfaatan BUMDes di desa Harusan ini lebih besar untuk masyarakat,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, dipilihnya BUMDes Maju Bersama Desa Harusan dikarenakan pihaknya melihat manfaat untuk masyarakat sangat besar.

“Semoga desa-desa yang lain dapat termotivasi yang berada diwilayah HSU untuk bisa membentuk BUMDes, yang mana BUMDes ini menjadi tulang punggung perekonomian di desa yang bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat,”pungkasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait