Bupati Tabalong Melaunching Website TPID

SAMBUTAN-H Anang Syakhfiani menyampaikan sambutan disela melaunching website Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pendopo Bersinar Pembataan pada Senin (24/1).(ali) (kalselpos.com)

Tanjung, kalselpos.com– Demi mendukung percepatan dan penyusunan laporan pengendalian inflasi yang berbasis website, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani melaunching website Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

LAUCHING-H Anang Syakhfiani melaunching website Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pendopo Bersinar Pembataan pada Senin (24/1).(ali)(kalselpos.com)

Launching ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Tabalong didampingi Sekda, Abdul Muthalib Sangadji serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Yuhani di Pendopo Bersinar Pembataan pada Senin (24/1).

Bacaan Lainnya

Selain melaunching website tersebut, pemerintah setempat melalui Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Tabalong meluncurkan inovasi Sistem Informasi Capaian Tingkat Kinerja Pembangunan (Si Cantik Nian).

H Anang Syakhfiani mengatakan bahwa inflasi daerah sudah menjadi kewajiban pemerintah dari pusat sampai daerah untuk memantau dan mengendalikannya.

“Kita tahun yang lalu berhasil meraih terbaik 2 tingkat nasional, lalu apakah kita ingin bertahan di nomor dua saja tentu tidak, kita ingin naik selangkah lagi modal dasarnya sudah ada tinggal kekurangannya kita lengkapi,” ucapnya.

Ia menjelaskan website TPID ini di pandang penting sebagai upaya kita untuk bisa meraih nomor satu di TPID award.

“Supaya kita bisa berhasil mendatangkan dana insentif daerah di tengah-tengah kesulitan kita untuk mendatangkan dana-dana lain dari pusat dan ditengah-tengah penerimaan negara yang makin jauh dari target,” jelasnya.

Anang juga mengapresiasi inovasi Si Cantik Nian yang dikembangkan Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Tabalong.

“Sangat bagus akronimnya tetapi esensinya juga penting karena laporan kinerja pembangunan, hari ini kita sudah mulai ternyata yang terbaik Satpol-PP, ini satu indikasi pada kita kalau kita mau Insya Allah bisa meraih predikat terbaik pertama,”ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Sarabakawa ini pun meminta aplikasi Si Cantik Nian dan website TPID bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kawan-kawan kepala SKPD dimudahkan, jadi lewat aplikasi melaporkan perkembangan harga dan sebagainya, harga termasuk kuantitas dan ini bisa lebih cepat dan bisa dipantau,”harapnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tabalong, H Yuhani menuturkan TPID merupakan tim yang bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan inflasi khususnya di kabupaten Tabalong.

“Keberadaan TPID adalah memantau sedini mungkin ancaman inflasi di suatu daerah dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut, keberadaan TPID menjadi penting dan efektif karena daerah menyumbang 60 persen dari faktor penyusun inflasi,” ujarnya saat menyampaikan sambutan di Pendopo Bersinar Pembataan.

Yuhani juga menyampaikan TPID dituntut untuk selalu mengembangkan inovatif yang mampu menjadi alat stabilisator inflasi daerah.

“Baik UMKM berbasis digital maupun aplikasi bagi TPID untuk mendukung percepatan dan penyusunan laporan pengendalian inflasi yang berbasis website” pungkasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait