Teras Narang sebut Perlu Kajian Mendalam Terkait Pembukaan Jalan di Area Hutan Lindung

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Provinsi Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang .(ist)deny yuswanto(kalselpos.com)

Katingan, kalselpos.com-Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Provinsi Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang mengingatkan Bupati Katingan sehubungan dengan rencana pembukaan jalan menuju Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam setiap perencanaan kata dia, harus berdasarkan pada naskah akademik yang dilakukan secara komprehensif. Apalagi rencana tersebut menyangkut usulan dari dua Bupati yang berbeda provinsi, maka harus ada izin dari Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Kedua Provinsi masing masing.

Bacaan Lainnya

“Terlebih rencana tersebut menyangkut adanya hutan lindung. Perlu kajian yang lebih mendalam dan komprehensif,” terangnya.

Disamping itu, kata mantan Gubernur Kalimantan Tengah dua periode ini, DPRD kedua Kabupaten dan Provinsi juga harus ada pengesahan persetujuan yang didasarkan pada permohonan dari kedua Bupati tersebut.

Sebagaimana diberitakan, Bupati Katingan Sakariyas telah melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Bupati Melawi Provinsi Kalimantan Barat terkait infrastruktur jalan dan jembatan serta pelayanan kesehatan, Selasa (18/1).

Latar belakang kerja sama itu, sehubungan dengan letak geografis dua kecamatan di Kabupaten Katingan berdekatan dengan Melawi. Penduduk dua kecamatan tersebut, berbelanja dan berobat di kabupaten tetangga itu.

Khalayak menilai, usulan pembukaan jalan itu terlalu absurd, karena harus melewati hutan lindung. Namun Bupati Katingan, Sakariyas, optimis jalan tersebut akan diupayakan secepat mungkin agar bisa berfungsional.

Bahkan, kata dia, kalau bisa dalam setahun jalan sudah bisa digunakan.
“Kendalanya karena harus melewati hutan lindung. Tapi akan diusulkan ke Balai Taman Nasional untuk solusinya. Saya optimis, bakalan disetujui, karena untuk kebaikan juga,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.