Plt Bupati Husairi Lantik Dewan Masjid Kabupaten HSU

PELANTIKAN- Pengurus Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten HSU dilantik oleh Plt Bupati HSU H Husairi Abdi. (diskominfo)kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi, Lc melantik Pengurus Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) periode 2019-2024 di Gedung Agung, Selasa kemarin, (18/1).

Pelantikan DMI HSU dihadiri Ketua Dewan DMI Provinsi Kalimantan Selatan, H Ilham Masykuri Hamdi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dan undangan.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten HSU terdata Masjid yang ada, sebanyak 122 buah, terdiri dari satu Masjid Agung Amuntai, masjid besar 10 buah, 3 buah masjid bersejarah, sedangkan untuk langgar atau Musala berjumlah 668 buah. Hal inj seperti yang dilaporkan Ketua PD DMI Kabupaten HSU H Nasrullah HR.

Plt Bupati HSU H Husairi Abdi mengutarakan, memakmurkan masjid adalah, menegakkan shalat berjama’ah, yang merupakan salah satu syi’ar islam terbesar, sementara yang lain adalah pengembangannya.

Shalat berjama’ah merupakan indikator utama keberhasilan dalam memakmurkan masjid, sehingga keberhasilan dan tidaknya dalam memakmurkan masjid, dapat diukur dengan seberapa jauh antusias umat dalam menegakkan shalat berjamaah.

“Meski fungsi utamanya, sebagai tempat untuk shalat tempat menegakkan shalat, namun masjid dipergunakan juga sebagai tempat berdzikir misalnya, beritikaf dipergunakan untuk kepentingan sosial tempat belajar dan mengajarkan kebaikan menuntut ilmu,” ungkapnya.

Dalam perjalanan sejarah, masjid telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dalam bentuk bangunan maupun fungsi dan perannya hampir dapat dikatakan, dimana ada komunitas muslim di situ ada masjid memang umat Islam tidak bisa terlepas dari masjid disamping menjadi tempat beribadah, masjid telah menjadi sarana berkumpul, menuntut ilmu, bertukar pengalaman, pusat dakwah dan lain-lain.

“Kami berharap, melalui momentum ini dapat mendorong para pengurus untuk melaksanakan amanah dan tugas yang mulia, dengan baik dan penuh tanggung jawab mampu melakukan pemberdayaan, membangun ekonomi masjid dengan meningkatkan kualitas SDM pengurus,” harapnya.

Disamping itu, Husairi juga berpesan, para pengurus dapat menjadikan masjid tempat pembinaan kader umat dan kader bangsa, melalui berbagai aktivitas pendidikan dan dakwah serta kegiatan lainnya sehingga peran dan fungsi serta tujuan didirikannya masjid benar benar dapat terwujud.

Sementara itu, Ketua DPW DMI Provinsi Kalsel H Ilham Masykuri Hamdi dalam arahannya, menitik beratkan para pengurus agar dapat mengajak umat dalam upaya memakmurkan masjid.

Tidak hanya itu, ia juga berharap organisasi DMI tidak hanya berupaya mengajak umat untuk memakmurkan masjid akan tetapi juga dapat memakmurkan umat terutama di lingkungan masjid.

” Hendaknya Masjid tidak hanya kita makmurkan, tapi bagaimana caranya agar masjid juga dapat memberi kemakmuran,” terangnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.