Bupati Fikry Kukuhkan Pengurus YKI Cabang HSS

PENGUKUHAN- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengukuhkan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten HSS periode 2021-2026.(Prokopim)(kalselpos.com)

Kandangan,kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengukuhkan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten HSS periode 2021-2026, Rabu (20/1), di Pendopo Bupati.

Pengurus Cabang YKI Cabang Kabupaten HSS periode 2021-2026 yang dikukuhkan Bupati Achmad Fikry tersebut diketuai oleh Srie Astuti Syamsuri Arsyad.

Bacaan Lainnya

Pengukuhan dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Jajaran Forkopimda, Sekda Muhammad Noor, para asisten, dan Ketua YKI Koordinator Cabang Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Faridah Hasan Aman dan Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah Achmad Fikry.

Ketua YKI Koordinator Cabang Provinsi Kalsel Faridah Hasan Aman mengatakan, pengukuhan Pengurus Cabang YKI Cabang Kabupaten HSS ini ada yang pertama di wilayah Provinsi Kalsel dari 10 kabupaten/kota yang sudah terbentuk kepengurusan.

Dikatakannya, YKI sebagai lembaga sosial nirlaba yang berdiri sejak tahun 1977 lalu dan bergerak bidang kesehatan, yang memiliki visi dan misi mengemban tugas utama membantu pemerintah dalam penanggulangan kanker di Indonesia.

“Masalah kanker yang komplek bukan hanya masalah pemerintah atau kementerian kesehatan saja, tapi sudah menjadi masalah bersama untuk tangani dan dicegah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Pengurus YKI Cabang Kabupaten HSS baik yang bersifat pencegahan maupun pengobatan, yang selama ini susah banyak dilakukan oleh organisasi wanita, khususnya PKK, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit dalam even tertentu, melakukan pemeriksaan.

“Kemaren mereka sudah melakukan pemeriksaan di 11 Kecamatan se-Kabupaten HSS,” ujar Bupati Fikry.

Bupati berharap, dengan adanya YKI Cabang Kabupaten HSS, kegiatan bisa lebih dimantapkan melalui kepengurusan yang cukup banyak.

“Saya minta Pengurus YKI Cabang Kabupaten HSS bisa meluangkan waktu, membicarakan masalah untuk mencegah kanker,” ujar Bupati Fikry.

Menurut bupati, dalam penangan kanker lebih baik mencegah dari pada mengobati, yang bisa dimulai dengan melakukan pola hidup sehat dan mengetahui apa saja gejala kanker, sehingga bisa terhindar.

“Jika ada masyarakat yang bertanya kemana berobat kanker, jawab saja di RSUD Brigjend Hasan Kandangan, karena sudah ada pelayanan dan akan dilayani dengan maksimal,” ujar Bupati Fikry.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.