Kerjasama penggunaan Lahan Pemerintah harus menguntungkan

Bambang Yanto Permono(Aspihan Zain (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Bambang Yanto Permono mengingatkan, Pemerintah kota setempat untuk benar-benar memperhitungkan nilai atau keuntungan bagi daerah dalam kerjasama pemanfaatan lahan.

“Sebab, perjanjian-perjanjian sewa aset yang ada sekarang masih kurang bagus, karena kurang menguntungkan pemerintah,” ujar Bambang Yanto, kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, dalam waktu dekat Perjanjian kontrak kerjasama antara Pemko Banjarmasin dengan Mitra Plaza (PT Kharisma Inti Mitra), Jalan Pangeran Antasari Banjarmasin, berakhir September 2022 ini. Dan tahun ini pula, perjanjian kontrak itu akan di addendum.

“Jadi kontrak baru itu diharapkan menguntungkan pemerintah daerah dibandingkan pengusaha,” ucapnya.

Kemudian, dalam kontrak baru itu jelasnya, Pemko Banjarmasin akan mendapatkan space untuk menempatkan mall perizinan di bangunan mitra plaza.

Sedangkan pihak pengelola tetap membayar sewa sebagai pemasukan untuk pemerintah. Kemudian jika batas waktu perjanjian sewa lahan habis, maka tanah termasuk bangunan menjadi milik Pemko Banjarmasin.

“Soal batas waktu perjanjian saya kurang tahu persis, tapi kebiasaan bisa 20 atau 25 tahun,” imbuhnya.

Sebelum dilakukan addendum, komisi II DPRD Banjarmasin akan melakukan sharing dengan bagian aset Pemko Banjarmasin.

“Tujuannya agar bisa memberikan penekanan-penekanan perjanjian dengan pihak ketiga, supaya menguntungkan pemerintah,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.