HSS Miliki Airboat Bermesin Turbo untuk Awasi Ilegal Fishing

AIRBOAT- Airboat Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dibeli oleh Pemkab HSS.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah memiliki airboat atau kapal cepat bermesin turbo, untuk mengawasi perairan Danau Bangkau dan perairan di Nagara dari ilegal fishing yang kerap beraksi mencari ikan dengan alat setrum yang dilarang undang-undang.

“Airboat sudah datang pada 28 Desember 2021, untuk mengamankan potensi perikanan di Kabupaten HSS,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten HSS, Saidinoor, kepada kalselpos.com, Rabu (19/1).

Bacaan Lainnya

Menurut Saidinoor, kapal cepat dibeli berdasarkan usulan pihak Kecamatan Kandangan beberapa tahun lalu kepada Dinas Perikanan Kabupaten HSS, untuk melestarikan kawasan perikanan dari aksi pelaku penyetruman, terutama di kawasan Danau Bangku, Kecamatan Kandangan dan di wilayah Nagara (Daha).

Karena dianggap perlu, kata Saidinoor, maka Pemkab HSS membeli airboat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021. “Kapal cepat ini nanti akan dipergunakan untuk mengawasi semua perairan perikanan yang berpotensi, di wilayah Kabupaten HSS” ujarnya.

Ia mengatakan, airboat ini selain di perairan bisa difungsikan di tanah untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh petugas atau relawan karhutla untuk memadamkan api pada musim kemarau.

“Airboat buatan Bandung ini fungsinya tidak hanya untuk di air, tapi juga bisa digunakan di darat untuk penanggulangan karhutla,, karena memiliki baling-baling atau kipas di atas,” kata Saidinoor.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.