Hasanuddin Murad Sampaikan Pancasila jadi Filter Hadapi Masa Depan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Hasanuddin Murad, SH saat Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (soswasbang) di SMKN 2 Marabahan Senin (17/1) kemarin.(sidik)kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Perkuat benteng tangkal paham radikalisme dan isu isu pemecah pemersatu bangsa terlebih ditengah gempuran kemajuan teknologi era digitalisasi seperti sekarang ini.

Apalagi semua anak muda kita begitu mudahhya meaksesnya sampai setiap postingan yang diterima selalu diterima, oleh karena itu pentingnya filter membentengi mereka dengan pengetahuan wawasan kebangsaan.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, untuk itulah pentingnya perlunya menanamkan kembali nilai nilai ideologi pancasila.

“Hal ini penting guna mengantisipasi masuknya informasi yang dapat mempengaruhi cara pandang dan cara berpikir para generasi muda kita, ” Kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Hasanuddin Murad, SH saat Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (soswasbang) kepada para pelajar dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Marabahan, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola), melibatkan puluhan pelajar kelas XII, guru dan kepala sekolah Senin (17/1) kemarin.

Diungkapkannya, setiap pelajar harus mampu menjadikan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan sebagai pondasi kuat, azas dan pandangan, serta pedoman hidup bangsa InIndonesia untuk dijadikan filter dalam menghadapi masa depan.

Hal ini jika dilihat 20 kedepan artinya ketika berinteraksi dengan orang berbeda agama maupun latar belakangnya dapat dipahami bahwa fakta di negara kita bahwa semua WNI harus bisa bersatu dan menghindari segala bentuk pemicu konflik yang bisa menimbulkan perpecahan.

“Bangsa ini lahir atas segala perbedaan baik agama, suku, adat, budaya dan lainnya namun kita semua mampu bersatu menjadi negara kuat, ” sebutnya

Senada, Aspianor, SH, selaku narasumber menambahkan, Pancasila tidak hanya ideologi bagi bangsa Indonesia, tapi juga sebagai dasar negara sekaligus sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.