Plt Bupati HSU Dukung Empat Raperda Inisiatif Dewan

Paripurna di DPRD bersama Kepala Daerah HSU tentang 4 buah Raperda Prakarsa DPRD HSU. (adiyat)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) merespon terkait 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagai Prakarsa DPRD HSU.

Mengawali tahun 2022 Paripurna DPRD ke-1 Masa Sidang 1, Senin (10/1), dengan agenda penyampaian pendapat Kepala Daerah atas diajukannya 4 buah Raperda Prakarsa DPRD HSU yang dilaksanakan di ruang Rapat DPRD Lantai II yang diikuti Plt Bupati HSU H.Husairi Abdi,Lc.

Bacaan Lainnya

Adapun Raperda 4 buah tersebut, tentang Desa Wisata, Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren, Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Raperda tentang Pembinaan Lembaga Keagamaan.

Plt Bupati HSU Husairi Abdi secara keseluruhan mendukung atas 4 buah Raperda inisiatif dewan tersebut.

“Memperhatikan maksud dan tujuan dibentuknya Rancangan Peraturan Daerah ini, kami selaku Pemerintah Daerah mendukung dan mengapresiasi,” kata Husairi.

Husairi menanggapi tentang Raperda Desa Wisata ini. secara normatif penyusunannya didasarkan pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang memberikan kewenangan, kepada setiap Daerah dalam pengelolaan kepariwisataan.

Pada Tahun 2020 lalu, pemerintah daerah telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Rencana Induk Kepariwisataan Daerah Tahun 2019-2025. Dimana, dalam Peraturan Daerah tersebut, memuat salah satu strategi pembangunan pariwisata di daerah.

“Yakni, Pengembangan Fasilitas Pariwisata Berbasis Desa Wisata. Dengan Raperda ini, semakin memperkuat dan mendorong penyelenggaraan pembangunan kepariwisataan di daerah kita.,” tambahnya.

Husairi menyebutkan, diajukannya Raperda ini juga sejalan dengan tujuan Pembangunan Kepariwisataan Nasional, yakni bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran,melestarikan alam,lingkungan dan sumber daya,serta memajukan kebudayaan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait