Pemko Banjarmasin berikan Santunan Kematian DTKS 2021

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyerahkan bantuan kematian secara simbolis kepada ahli waris.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

BANJARMASIN,kalselpos.com – Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin berikan santunan kematian bagi yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2021.

Bantuan santunan itu, diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Selasa (28/12/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Santunan kematian yang terdata DTKS tahun 2021 ini, ada sebanyak 338 warga Kota Banjarmasin yang menerima.

“Terima kasih banyak secara khusus kepada Dinas Sosial Kota Banjarmasin yang sudah memvalidasi data untuk bantuan santunan kematian yang masuk DTKS,” ujar Ibnu Sina.

Jumlah penerima santunan kematian terbanyak ada di Banjarmasin Barat yang berjumlah 108 penerima. Sedangkan Banjarmasin Timur adalah wilayah penerima paling sedikit yakni sebanyak 37 orang.

Sementara itu, untuk wilayah Banjarmasin Selatan sebanyak 68 penerima, Banjarmasin Tengah ada 64 penerima dan di Banjarmasin Utara ada sebanyak 61 penerima bantuan.

Adapun alokasi dana kegiatan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin melalui Belanja Bantuan Sosial yang Tidak Direncanakan.

“Memang perlu waktu dan mekanisme dalam penyerahan bantuan sehingga diakhir tahun baru bisa diserahkan. Tadi saya tanda ada yang sudah meninggal 5 dan 4 bulan lalu jadi tidak masalah yang penting ini tetap diterima oleh alih waris,” ungkapnya.

Berbeda dengan Belanja Bantuan Sosial yang Direncanakan, itu seperti bantuan bedah rumah, bantuan kebakaran dan lainnya yang termasuk dalam kategori direncanakan.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa santunan yang diberikan secara non tunai melalui rekening yang telah dibuatkan oleh Bank Kalsel.

“Mudah-mudahan ini bisa meringankan bagi warga yang tertimpa musibah. Silahkan dimanfaatkan ahli waris sebaik-baiknya,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait