SMKN 2 Simpang Empat gelar Workshop GSM

Dr. Drs. H. Syahrir, MM saat memberikan materi pada workshop GSM di SMKN 2 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.(ist)Anas Aliando(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com – SMKN 2 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada hari Jumat, 24 Desember 2021 yang diikuti guru-guru dan staf administrasi.

Dalam kegiatan tersebut Plt. Kepsek SMKN 2 Simpang Empat Drs. Amran Ali, MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Workshop GSM merupakan Kegiatan yang sangat bermanfaat agar segenap guru dan staf administrasi di sekolah memahami bagaimana GSM itu bisa dilaksanakan di sekolah.

Bacaan Lainnya

Nara sumber tunggal dan utama dalam Workshop GSM tersebut adalah Dr. Drs. H. Syahrir, MM (Kepala SMKN 5 Banjarmasin).

Materi yang disampaikan banyak membahas bagaimana strategi dan cara menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kelas, lingkungan sekolah dan akan berimbas pada lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Kegiatan GSM bukanlah sebuah program tapi sebuah gerakan akar rumput yang secara langsung tertuju kepada guru-guru, sebagaimana yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa ada 4 kodrat manusia yaitu, Koresiti, Diversiti, Imajinasi dan Kolaborasi,” ujarnya.

Syahrir yang juga sebagai Fasilitator Nasional P5BK (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja) dan sudah membimbing dan mendampingi 18 SMK diseluruh Indonesia, memberikan penjelasan dan menganalogikan sistem pendidikan  saat ini dengan membangun sebuah bangunan bertingkat, yang jika pondasi bangunan tersebut tidak kuat dan rapuh maka sebagus apapun ornamen yang dibuat di lantai  atas bangunan, maka akan rubuh karena pondasi bangunan tersebut rapuh.

Kegiatan workshop GSM yang dilaksanakan sehari penuh dimulai pukul 8:00 Wita sampai pukul 18.00 Wita. Semua peserta antusias karena dalam kegiatan tersebut narasumber mengemas kegiatan tersebut dalam suasana yang menyenangkan. salah seorang peserta yang ditanya terkait kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat menyenangkan dan dapat ilmu yang sangat bermanfaat.

Dalam kegiatan ini terjadi interaksi antara pemateri dan peserta, dalam kegiatan tersebut guru diberikan materi terkait Design Thingking Proses, bagaimana itu Emphaty, Define, Ide, Prototype dan Test dalam membuat dan mengembangkan GSM di sekolah.

Lebih Lanjut Dr. H. Syahrir, MM sebagai narasumber yang juga pernah belajar di Universitas Magderbug Jerman dan sudah melanglang buana ke lebih dari 40 negara itu mengatakan, sangat berterima kasih kepada bapak Nur Rizal, Ph.D dan Bu Novi Ph.D sebagai Founder GSM Indonesia yang telah memulai Gerakan ini (GSM) dan menyebar ke seluruh Indonesia saat ini dan menjadi “virus” kebaikan.

Lebih lanjut Syahrir juga  mengucapkan terima kasih kepada  Pariaman Saragih dan Rivai Simanjuntak sebagai WI di BBPPMPV BBL Medan yang menjadi motivator Indonesia dalam berbagi ilmu terkait GSM. Syahrir mengatakan dirinya  akan terus menyebarkan Virus kebaikan GSM di kalimantan Selatan.

“Kedepan akan merambah ke guru-guru SMA dan SMP di Kalsel dan Juga sampai ke Guru-guru SD dan TK,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait