83 Rutilahu di Kota Banjarmasin dapat Bantuan Rehabilitasi

Rumah Rukimini (61), warga jalan Suyoto S, Gang Kuburan mendapat program bantuan rehabilitasi Rutilahu.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin melalui program Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin kembali menjalankan program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) atau bedah rumah.

Sebanyak 83 rumah yang tersebar di lima kecamatan dianggap memenuhi syarat dan layak mendapatkan bantuan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin, Iwan Ristianto mengatakan, 83 rumah memenuhi syarat ini seperti tanah bangunan milik sendiri, dan tidak berada di jalur yang dilarangan Pemerintah. Kemudian tidak bermasalah, seperti utang piutang atau waris.

“Bentuk bantuannya berupa uang sebesar Rp24 juta yang diserahkan langsung ke rekening yang bersangkutan. Lalu uang itu dipergunakan untuk membeli bahan bangunan dan upah tukang, dengan waktu pengerjaan selama 20 hari,” ujar Iwan Ristianto, Rabu (17/11/21).

Ia juga menerangkan, pada awalnya di tahun ini ada sebanyak 153 rumah warga yang diusulkan menerima program RS-Rutilahu. Namun setelah diverifikasi, hanya ada 83 rumah yang memenuhi syarat.

Sementara itu, satu warga jalan Suyoto S, Gang Kuburan, RT 36, Kecamatan Banjarmasin Tengah yang mendapatkan program bedah rumah tersebut, Rukimini (61).

Pos terkait