Masyarakat Diminta Lakukan Tindakan Pencegahan Banjir

  • Whatsapp
PENGHARGAAN-Penyerahan penghargaan kepada lembaga masyarakat atas partispasinya membantu pada saat peristiwa banjir di Katingan, kegiatan penyerahan berlangsung di Aula Kelurahan Kasongan Lama, Jumat (14/10) lalu.(dony)(kalselpos.com)

Katingan,kalselpos.com -Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan Roby berharap masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan terkait bencana banjir yang terjadi setiap tahun.

“Masyarakat harus diajak berpikir dan bertindak cerdas menyikapi kondisi alam terutama banjir,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dicontohkannya, setidaknya warga bisa mencari lokasi pemukiman yang bebas banjir atau bisa juga membangun rumah dengan konstruksi pondasi atau tiang yang tinggi.

“Para petani juga kalau bisa mencari lokasi pertanian yang bebas banjir atau menanam tanaman semusim sebelum musim banjir atau menanam tanaman yang tahan banjir,” ujarnya, Senin (18/10).

Menurut Roby, bencana banjir besar pernah terjadi di Kabupaten Katingan.Hal ini dapat dilihat berdasarkan data dan konstruksi bangunan nenek moyang yang tiangnya tinggi-tinggi.

“Orang tua zaman dahulu membangun rumah dengan tiang yang tinggi. Itu berarti bahwa daerah itu pernah banjir besar juga,” pungkasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.