Camat Katingan Hilir Puji Ketulusan Warga Kalsel Bantu Warga Katingan saat Banjir Besar

PENGHARGAAN-Penyerahan penghargaan kepada lembaga masyarakat atas partispasinya membantu pada saat peristiwa banjir di Katingan kegiatan penyerahan berlangsung di Aula Kelurahan Kasongan Lama, Jumat (14/10) lalu.(dony)(kalselpos.com)

katingan,kalselpos.com -Lembaga masyarakat yang turun membantu pada peristiwa banjir besar di Kabupaten Katingan khususnya di Kecamatan Katingan Hilir belum lama tadi mendapatkan penghargaan dari pemerintah setempat.

Pelaksana Tugas (Plt), Camat Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Doni Meiriantoni yang langsung menyerahkan penghargaan partisipasi aktif kepada lembaga masyarakat.

Bacaan Lainnya

Penyerahan penghargaan berlangsung di Aula Kelurahan Kasongan Lama, Jumat (14/10) lalu.

Disampaikan Doni, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu termasuk lembaga masyarakat asal Kalimantan Selatan.

“Semua Kabupaten di Kalimantan Selatan telah membantu kita, ketika banjir. Tidak bisa dinilai dengan uang. andai ada kejadian serupa, kita balas membantunya,”ujarnya.

Doni mengaku salut kepada seluruh warga Kalimantan Selatan yang berdatangan silih berganti. Padahal jarak tempuh menuju lokasi bencana mencapai ratusan kilometer.

“Bantuan berdatangan silih berganti, sekedar poto poto, penderma berlalu tanpa pamrih. Ingat jasa itu. Kalau bisa harus kita balas, seandainya ada kejadian serupa,” ulangnya.

Dalam kesempatan itu,
Plt. Camat Katingan Hilir memuji kinerja Lurah Kasongan Lama, Dirmansyah yang baru berjalan 1,5 tahun, namun hasil pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat sangat baik.

“Gedung ini dulu hampir roboh, kini sudah permanen dan fungsional. Bahkan saat banjir, saya tahu, Pak Dirmansyah 24 jam bekerja keras mengevakuasi warga, membuat tenda hingga membagi logistik. Orang seperti Pak Lurah ini, mau bekerja keras, layak Kita dukung,” katanya.

Sementara, Lurah Kasongan Lama, Dirmansyah mengatakan, ada 11 dapur umum yang melayani masyarakat saat banjir di Kelurahan Kasongan Lama. Keberadaan dapur umum itu, merupakan inisiasi warga dan dikelola secara swadaya.

Ia menyampaikan terima kasih, untuk partisipasi aktif kesebelas lembaga masyarakat itu.

Warga yang terdampak banjir, kata Dirmansyah, merasa tertolong. “Penghargaan yang Kami sampaikan untuk sebelas lembaga ini, jangan dilihat nilainya. Tapi, apa yang telah Bapak, Ibu perbuat mudah mudahan menjadi ibadah. Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan ini,” ungkapnya.

Usai menyampaikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada 11 lembaga masyarakat yang membuka dapur umum saat banjir.

Adapun, kesebelas lembaga tersebut, Pengurus Masjid Al Gufron RT 19, Pengurus Beruang Kalakai Comunity RT 19, Pengurus LPTQ Kabupaten Katingan RT 17, Dapur Umum Cipta Griya RT 17, Ketua RT 15/Dapur Umum Haing Jaya I, Dapur Umum Haing Jaya II, Dapur Umum RT 07, Pengurus Lazismu dan MDMC, Gereja Hapakat RT 13, Pengurus Karang Taruna “Tunas Muda” dan Perwakilan Masyarakat Srikaya I.

Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Katingan menetapkan status tanggap darurat banjir, bulan September lalu.

Penetapan itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Derah Kabupaten Katingan, ada sekitar 13 ribu rumah terendam air.

Jalan Trans Kalimantan turut terimbas dan terputus selama satu minggu. Selama banjir terjadi, bantuan selalu berdatangan dari daerah Kalimatan Tengah, bahkan semua Kabupaten di Kalimantan Selatan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait