EBT dapat membantu pemulihan ekonomi nasional

Pembangkit EBT.(ist/net)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Indonesia memiliki potensi di sektor energi baru terbarukan (EBT) yang dapat membantu pemulihan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja sekaligus mengatasi perubahan iklim.

Demikian laporan dari International Institute for Sustainable Development (IISD).

Bacaan Lainnya

Penulis laporan dan konsultan kebijakan energi IISD Theresia Betty Sumarno mengatakan Indonesia memiliki peluang untuk menyelaraskan pemulihan ekonomi dengan target iklim.

“Dengan merangkul dan memberi insentif pada energi terbarukan sebagai bagian dari rencana pemulihan ekonomi nasional, Indonesia dapat membawa perubahan di sektor energi, mendorong perekonomian, dan mengatasi perubahan iklim. Tidak ada kata terlambat untuk mencapai target emisi yang ambisius,” ujar Theresia.

Indonesia memiliki peluang untuk mengakhiri subsidi bahan bakar fosil, mendukung energi terbarukan, dan menciptakan ekonomi yang lebih kuat untuk masa depan.

Secara khusus, dia menyoroti bahwa dari Rp108,5 triliun stimulus fiskal yang diberikan untuk sektor energi Indonesia dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Rp95,3 triliun diberikan kepada sektor yang menggunakan bahan bakar fosil.

Padahal terdapat potensi besar di sektor EBT dengan sekitar 500 ribu lapangan kerja tercipta dalam sektor tersebut di Indonesia pada 2019, demikian data International Renewable Energy Agency (IRENA).

Lourdes Sanchez, penasihat kebijakan senior IISD dan salah satu penulis laporan tersebut, mengatakan pemulihan ekonomi nasional disertai mempromosikan sektor energi terbarukan adalah sebuah kemenangan ganda bagi Indonesia.

Hal itu penting karena menjelang kepresidenan G20 yang akan datang, Indonesia memegang posisi penting dalam upaya global untuk memerangi perubahan iklim dan pemulihan dari pandemi Covid-19.

“Tidak hanya dapat menciptakan lapangan kerja dan membantu pemulihan ekonomi, tetapi juga akan mendukung target ambisi perubahan iklim dan energi terbarukan yang sangat penting bagi kemakmuran masa depan,” ujar Lourdes.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait