Waket Komisi 1 “Sepakat” Nama Aberani Sulaiman Dijadikan Nama Jembatan Sungai Alalak

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kalsel, Siti Nortita Ayu Febria R.(sidik)(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com– Nama Aberani Sulaiman mencuat kepermukaan sebagai cikal bakal ikon jembatan Alalak penghubung Kota Banjarmasin dengan Barito Kuala (Batola). Sosok Aberani Sulaiman merupakan mantan gubernur Kalsel ke – 3 pada tahun 1963 – 1968.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Siti Nortita Ayu Febria R megapresiasi usulan nama tersebut karena Aberani Sulaiman ini termasuk tokoh banua karena tercatat dalam perjalanan kepemimpinannya Provinsi tertua di Kalimantan

Bacaan Lainnya

“Figur Aberani Sulaiman ini asli putra daerah, bahkan pernah menjabat sebagai kepala daerah,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Siti Nortita Ayu Febria R kepada Kalselpos.com Rabu (06/10).

Dikatakannya, mungkin sedikit dilupakan atau kurang mengetahui sosok Aberani Sulaiman ini, terlebih peranan dirinya berkontribusi besar bagi perjuangan dalam merebut kemerdekaan kala itu hingga dalam catatan sejarah ikut aktif di sejumlah organisasi Gerakan Pemuda Indonesia Merdeka (Gerpindom) hingga masuk keanggotaan divisi IV ALRI.

“Ya tidak salah andai di usulkan nama Aberani Sulaiman karena kontribusinya begitu besar bagi Kalsel,” sebutnya

Lanjut wanita ramah ini, dari pengusulan nama ini tentu saja harus mempertimbangkan banyak aspek sehingga tidak serta merta disimpulkan dan diputuskan, karena pada dasarnya begitu banyak jasa jasa pahlawan asli banua.

Disampaikannya, oleh karena itu semakin banyak figur yang ditawarkan untuk dijadikan nama jembatan penghubung Banjarmasin dan Batola ini jika direkomendasikan maka perlu melibatkan pemerhati sejarah, para perguran tinggi, tokoh agama, masyarakat serta sejumlah pihak lainnya.

Diterangkannya, selain itu perlu diketahui semua pihak terlebih generasi kita bahwa sosok Aberani Sulaiman termasuk tokoh banua yang berjasa memproklamasikan keerdekaan di provinsi tertua di kalimantan ini.

“Memang pantas jika disanding nama pahlawan asal Kalsel, namun semua itu kembali ke publik, karena semuanya masih sebatas wacana atau usulan,” sebut wakil rakyat fraksi Gerindra ini.

menurut politisi muda yang kerab disapa Ibu Tatum ini berpesan, kepada masyarakat agar ikut berkontribusi menjaga dan memelihara jembatan yang baru saja rampung ini.

Pihaknya sangat berharap fungsi jembatan selain bisa mengurai kemacetan hingga melancarkan arus lalu lintas, tugas kita bersama agar ikon jembatan penghubung ini terjaga dengan baik.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.