Pembalap Kalsel berharap gubernur realisasikan janjinya membangun sirkuit balap motor

  • Whatsapp
Aksi pembalap Kalsel berlatih di wilayah Perkantoran Setdaprov Kalsel Banjarbaru.(ist)(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com – Kalimantan Selatan banyak mempunyai pembalap motor handal. Namun sampai saat ini, belum ada lapangan sirkuit balap motor yang representatif di Banua, terkhusus di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, sehingga para pembalap tidak bisa menjajal bakat dan kemampuannya di lapangan legal.

Bacaan Lainnya

Untuk menyalurkan hobi mereka, para pembalap motor terpaksa berinisiatif sendiri dengan melakukan latihan di tempat yang mereka rasa aman.

Salah satunya di jalanan yang ada di wilayah perkantoran Setdaprov Kalsel di Banjarbaru. Balapan motor mereka gelar di jalan yang memang sepi dari arus lalulintas itu setiap hari Sabtu dan Minggu.

Asmari, salah satu penghobi balapan motor mewakili teman-temannya meminta kepada Pemprov Kalsel  mengalokasikan dana APBD untuk membangun sirkuit balap motor agar mereka bisa menyalurkan hobi dan berlatih secara maksimal, sehingga tidak lagi “mengaspal” di jalan umum.

“Kita meminta kepada Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor) agar membangunkan sirkuit balap motor. Sirkuit yang permanenlah untuk menyalurkan bakat kami,” ujarnya kepada kalselpos.com, Selasa (28/9/2021).

Disampaikannya, pada hari Minggu mereka melakukan balapan di lingkungan kantor Setdaprov Kalsel diikuti puluhan  pembalap dari Kota Banjarbaru, Banjarmasin dan Martapura.

“Karena tidak ada lapangan sirkuit, terpaksa kami balapan disitu. Memang tidak ada izin tertulis dari pihak terkait, atas inisiatif kami saja. Balapan mulai habis Zuhur sampai pukul 4 sore,” bebernya.

Asmari berujar, kalau Pemprov Kalsel membangunkan lapangan sirkuit, maka para pembalap jalanan bisa berlatih dan bisa digodok untuk menjadi pebalap yang bisa berlaga di kancah nasional dan internasional.

Sudah lebih dari satu tahun aksi “balapan liar” itu mereka lakukan di tempat tersebut.

Sebelumnya, mereka balapan di lapangan Murjani Kota Banjarbaru. Namun setelah tidak diizinkan lagi, mereka terpaksa pindah ke wilayah perkantoran Pemprov Kalsel.

Asmari mengungkapkan saat masa kampanye pada pencalonan gubernur  Kalsel periode pertama atau lima tahun lalu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pernah berjanji kepada Asmari dan teman-temannya akan membangunkan lapangan sirkuit motor.

“Waktu itu di Lapangan Murjani Banjarbaru saat kami sedang acara balapan. Paman Birin berjanji akan membangunkan lapangan sirkuit motor. Tapi sampai saat ini belum ada kabarnya,” ungkapnya.

Asmari  bersama teman-temannya sesama pembalap  berharap Paman Birin bisa merealisasikan janjinya itu dengan membangunkan sirkuit balap motor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah ketika disampaikan hal tersebut mengatakan akan segera menyampaikan permintaan para pembalap motor kepada gubernur.

“Oke, nanti saya sampaikan. Tapi ini panjang prosesnya,” ujar Hermansyah melalui sambungan telepon, Selasa siang.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.