Apam Barabai Bentuknya Tipis, Rasanya Lembut, Enak Dilidah

  • Whatsapp
Apam barabai oleh-oleh khas Kabupaten Hulu Sungai Tengah.(ist)(kalselpos.com)

Barabai, kalselpos.com-Apam Barabai makanan khas asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini tentunya sudah tak asing lagi bagi warga banua.

Saat bertandang ke Kota Apam (sebutan Kota Barabai) rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong ini.

Bacaan Lainnya

Makanan yang bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih ini memiliki reksturnya sangat lembut, sehingga saat dimakan terasa enak di lidah.

Apam Barabai terdapat dua macam yakni yang berwarna merah kecoklatan dan yang warna putih. Apam Barabai yang berwarna merah kecoklatan, menggunakan gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren.

Sementara itu yang warna putih rasanya juga manis orang yang kurang suka aroma dan rasa gula merah bisa memilih apam yang putih ini.

Dihimpun dari berbagai sumber cara membuatnya apam cukup praktis namun memerlukan wakru yang cukup lama dimana semua bahan yang ada dicampur sampai rata, kemudiaan ditempa agar adonan kue Apam ini mengental.

Setelah itu didiamkan selama satu malam agar adonan mengembang setelah satu malam lalu kue ini dibuat tipis lalu di tuangan dalam cetakan yang di buat dari daun dadap.

Yang tak kalah menariknya harga apam barabai murah meriah dan untuk oleh-oleh, makanan ini bisa tahan 24 jam sampai 3 hari jika dihangatkan kembali, atau tergantung suhu dan cara penyimpanan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.