Kalahkan FM Raihan di Final, FM Miftah Juarai Turnamen Catur Rektor Cup 2021

Banjarmasin, kalselpos.com – FIDE Masters (FM) Miftah menasbihkan diri sebagai juara turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke-6 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2021. Dirinya mengalahkan FM Raihan pada pertandingan final yang dilangsungkan di Lecture Library Building ULM, Minggu (26/9/2021) sore.

Bacaan Lainnya

Di peringkat ketiga, ada pecatur asal Tanah Laut, Hadianoor. Dirinya berhasil mengalahkan Master Nasional asal Tanah Bumbu, Lukman. Para pemenang berhak mendapatkan trofi, sertifikat, dan uang pembinaan.

Turnamen ini juga diikuti pecatur junior berbakat, sepeti Ahmad Rifa’i yang baru berusia 11 tahun asal Kota Banjarbaru serta Muhammad Alfarisi asal Tanah Laut berumur 15 tahun.

“Alhamdulillah hampir semua kabupaten/kota berpartisipasi dengan mengirimkan atletnya. Dengan event ini, kami berharap para pecatur bisa mendapatkan pengalaman bertanding. Karena pengalaman bertanding itu penting,” kata Rektor ULM sekaligus Ketua Umum Percasi Kalsel, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc

Bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Rektor Cup 2021 ini merupakan rangkaian dari peringatan Dies Natalis ULM yang ke 63.

Momentum kejuaraan ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi pecatur potensial. Para juara nantinya akan disiapkan untuk ikut serta dalam berbagai ajang catur di tingkat nasional.

“Tujuan kita selain mengasah jam terbang pada atlit senior, juga mencari bibit handal,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Percasi Tanah Laut, H Mustafa mengaku sengaja menurunkan Muhammad Alfarisi dari 16 pecatur Tanah Laut yang berpartisipasi pada ajang ini. Hal itu sebagai bentuk pembinaan jangka panjang jelang Porprov tahun depan.

“Muhammad Alfarisi sengaja diturunkan demi menambah jam terbang dan dipersiapkan menuju Porprov 2022 mendatang,” paparnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait