Pembudidaya Ikan Temukan Ular Puraca di Saluran Air Kolam Ikan

TANGKAP-Madi seorang petani ikan di saluran air kolam miliknya, tepatnya di Desa Anjir Serapat Lama Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Batola Kalimantan Selatan Minggu ( 19/09) sore menangkap ular puraca.(ist)(kalselpos.com)

Marabahan,kalselpos.com-Di Kalimantan sebagian besar tak asing mendengar nama puraca atau Python Kalimantan. Ular yang tidak berbisa dan hidup di dalam air.

Bacaan Lainnya

Seperti yang ditemukan oleh Madi seorang petani ikan di saluran air kolam miliknya, tepatnya di Desa Anjir Serapat Lama Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Batola Kalimantan Selatan Minggu ( 19/09) sore.

Ular puraca atau Python Kalimantan diduga sudah lama berada di kolam ikan milik Madi, dikarenakan tak sedikit isi kolam ikan patin berkurang lebih dari separo isinya saat panen. Bahkan ada yang menyisakan sangat sedikit ikan jenis nila miliknya.

Seperti yang didengar cerita seorang temannya petambak ikan lele tak jauh dari tempat tinggalnya, ikan yang ditebar hampir lima ribu,tetapi pada saat panen tidak sampai dua ribu.

“Demikian juga teman lain pernah bercerita kalau tambak patinnya juga pada saat panen tidak lebih dari separo sisanya. Dan kemudian Saya juga berpikiran sama besar memakan yang kecil,” ujar Madi.

Diutarakannya, namun ketika ada teman lain yang bercerita kalau tambak nilanya dan gurami juga mengalami nasib serupa. Panen nila dan gurami hanya tersisa sedikit.

“Setahu saya, nila dan gurami tidak memakan sesamanya. Barulah saya kepikiran, mungkin ular puraca (python kalimantan), yang telah memakan ikan di kolamnya,”ujarnya.

Diceritakannya, Ular puraca yang ditemukan ini pada saat dirinya menggali saluran air.”Karena pada saat air pasang tidak deras masuk ke kolam ikan. Pada saat itu sempat kaget karena, ada melihat ular di saluran air setelah dilakukan penggalian,”jelasnya Madi.

Setelah melihat ada ular puraca tersebut, dirinya lantas memberitahukan pada tetangga rumahnya.

“Kemudian ular puraca tersebut ditangkap dan sementara diamankan dulu dalam sebuah karung, “pungkasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait