Gandeng Dinkes Kabupaten Banjar, Lapas Karang Intan Gelar Vaksinasi Untuk 300 Warga Binaan

Martapura, kalselpos.com -Sebanyak 300 warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan mengukuti progam vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tahap 1. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Lapas Narkotika Karang Intan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar, khususnya UPT Puskesmas Karang Intan 1, Sabtu (18/9/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan ikhtiar yang dilakukan Lapas Narkotika Karang Intan untuk memberikan perlindungan bagi warga binaan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di dalam Lapas.

“Kegiatan ini ikhtiar kita dalam memberikan perlindungan bagi warga binaan yang ada di dalam, karena kita masih belum tahu sampai kapan pandemik ini akan berakhir, bekerjasama dengan Dinkes Banjar khusus nya UPT Puskesmas Karang Intan 1 selaku pelaksana, maka terselenggaralah vaksinasi bagi warga binaan, yang memang sudah lama kita nantikan,” ujar nya menuturkan.

Lebih lanjut Wahyu menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini diikuti sebanyak 300 orang warga binaan, yang mayoritas berstatus tahanan pendamping (tamping) dan warga binaan yang memiliki data kependudukan berupa NIK.

“Karena kegiatan vaksinasi ini terbatas hanya 300 dosis, maka warga binaan yang diikutkan sebagian besar mereka yang berstatus sebagai tamping, baik tamping pekerja maupun tamping blok, juga warga binaan yang memiliki NIK, pada sistem database pemasyarakatan yang kita miliki, dan telah terintegrasi dengan data Dukcapil Kemendagri,” lanjut Wahyu menerangkan.

Warga binaan yang akan mengikuti kegiatan vaksin, terlebih dahulu mengisi formulir skrining kesehatan yang disediakan petugas, untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah dan suhu tubuh, jika dinyatakan sehat, dilanjutkan penyuntikan vaksin.

Sementara itu, dokter Puskesmas Karang Intan 1 selaku pelaksana pada kegiatan vaksinasi ini berharap, dari kegiatan vaksinasi ini akan terjadi kekebalan pada diri masing-masing warga binaan menghadapi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik, warga binaan sangat antusias, sehingga mereka turut serta membantu proses penganggulangan Covid-19. Kami berpesan, meskipun mereka sudah divaksin, namun tetap harus menjaga protokol kesehatan, dan dari vaksin ini diharapkan muncul imunitas bagi diri masing-masing warga binaan,” ungkap dokter Ika.

Salah seorang warga binaan yang mengikuti vaksinasi Covid-19, Mukni mengaku senang bisa berpartisipasi pada kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan dan berharap selalu sehat selama menjalani pembinaan.

“Senang bisa berpartisipasi pada kegiatan vaksin, harapannya supaya semua warga binaan yang menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan tetap sehat hingga bebas nanti,” tutup nya singkat.

Turut hadir pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan, Kapolsek Karang Intan, Aipda Ramadhan untuk memantau kelancaran pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Lapas Narkotika Karang Intan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait