Pemdes Kolam Kanan Berikan Batuan Kapur 1 Ton Per Kepala Keluarga

BAGIKAN-Pemdes Kolam Kanan Berikan Batuan Kapur 1 Ton Per Kepala Keluarga.(ist)(kalselpos.com)

Marabahan,kalselpos.com -Guna menetralisir keasaman lahan di Desa Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito kuala, Kalimantan Selatan, Pemdes Kolam Kanan programkan pembagian kapur gratis pada warga.

Bacaan Lainnya

Di Desa Kolam Kanan ini, keasaman tanah cukup tinggi yang mana berkisar dari Ph 3 hingga Ph 5, adanya ketinggian zat asam pada tanah mengakibatkan kendala warga setempat untuk berkebun maupun bercocok tanam padi.

Adanya kendala tersebut Pemdes Kolam Kanan, pergunakan Anggaran dari Dana Desa untuk bantuan kapur pada warga, dengan masing-masing kepala keluarga mendapatkan bagian 1 Ton kapur Dolomite.

Salah seorang warga, Sairin mengatakan, sangat berterimakasih dengan adanya program dari pemerintahan berupa bantuan kapur dolomite sebanyak 1 ton, sangat membantu,katanya Sairin.

” Bantuan kapur ini akan digunakan untuk memupuk tanaman keras seperti jeruk, karet dan kelapa sawit,” ungkapnya.

Kades Kolam Kanan, Endang Sudrajat mengungkapkan, kapur yang dibagikan ini merupakan yang kedua kalinya, target 1 ton untuk per kepala keluarga dengan jumlah sebanyak 273 Kk dari Dana Desa anggaran tahun 2021.

“Sasaran program desa ini untuk menetralisir keasaman tanah di Desa Kolam Kanan, yangmana sudah lama menjadi keluhan warga,” tambahnya Endang.

Diingatkanya, namun kapur dolomite yang dibagikan ini tidak boleh di jual belikan oleh warga.

“Jika ada ditemukan maka akan dikenakan denda oleh pihak pemdes kolam kanan, “pungkasnya.

 

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait