Syamsuri Arsyad : Renovasi Tugu Munggu Raya Tuk Lestarikan Nilai-nilai Perjuangan

MENYERAHKAN- Ketua DHC 45 Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan PT AGM telah memfasilitasi renovasi Tugu Munggu Raya.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) lestarikan nilai-nilai perjuangan di Bumi Rakat Mufakat.

Salah-satunya dengan merenovasi monumen bersejarah bertaraf Internasional Tugu Munggu Raya, di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai atau di lokasi pemancar TVRI.

Bacaan Lainnya

“Monumen Tugu Munggu Raya yang terletak di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya merupakan salah satu peninggalan sejarah berskala Internasional yang perlu dilestarikan bagi anak-anak sebagai generasi muda,” ujar Ketua DHC 45 Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, Kamis (2/9) di Monumen Tugu Munggu Raya.

Dijelaskan Syamsuri, di lokasi ini dulunya menjadi tempat perundingan antara pihak Belanda dengan Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan yang dipimpin Brigjen Hasan Basry pada tanggal 2 September 1949.

Bahkan, perundingan sendiri langsung disaksikan oleh perwakilan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) lewat komisi tiga negara yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.

Dalam perundingan tersebut menghasilkan tiga kesepakan, yakni gerilya Kalimantan diakui adanya dan diresmikan menjadi TNJ Letkol Hasan Basry sebagai Panglima divisinya.

Kemudian antara militer Belanda dan gerilya diadakan penghentian permusuhan, cara pelaksanaannya diatur tersendiri, sedangkan penggabungan tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tidak diakui, dan pertemuan-pertemuan berikutnya terus dilakukan lagi. “Itulah hasil perundingan dengan belanda yang dengan tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, ” ujar Syamsuri Arsyad.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait