Renovasi Tugu Munggu Raya Selesai, Bupati Fikry Terima Kasih dengan DHC 45 dan PT AGM

RESMIKAN- Bupati HSS Achmad Fikry resmikan renovasi monumen Tugu Munggu Raya, di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan renovasi Tugu Munggu Raya, di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya atau di lokasi pemancar TVRI, Kamis (2/9). Tugu Munggu Raya adalah salah satu monumen bersejarah bertaraf Internasional, perjanjian Pemerintah Gubernur Tentara Divisi VI ALRI Pertahanan Kalimantan dengan Belanda dan tiga Komisi Negara pada 2 September 1947 lalu.

Bacaan Lainnya

Renovasi Tugu Munggu Raya ini atas inisiasi Dewan Harian Cabang 45 Kabupaten HSS dan bekerjasama dengan PT Antang Gunung Meratus (AGM) yang pembangunannya dimulai pada Mei hingga Agustus 2021.

Peresmian tersebut dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan, Perwakilan TVRI, Manager External Affair PT AGM Andhika Dewa Permata dan jajaran DHC 45.

“Terima kasih kepada DHC 45 dan PT AGM yang telah merenovasi monumen Tugu Munggu Raya perjuangan. Semoga monumen Tugu Munggu Raya menjadi penyemangat kita melanjutkan perjuangan para pahlawan, ” ucap Bupati HSS Achmad Fikry usai meresmikan monumen Tugu Munggu Raya.

Dikatakan Bupati, monumen Tugu Munggu Raya menjadi momen sejarah perjuangan Kalimantan yang tetap utuh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Di daerah lain ada mengenal Republik Indonesia Serikat (RIS), tapi kita tetap NKRI, dengan perjanjian pada 2 Mei 1949” ujar Bupati Fikri

Bupati berharap, monumen yang telah direnovasi ini bisa dikunjungi anak-anak sebagai generasi penerus, sehingga tidak akan lupa dengan sejarah yang bertaraf Internasional di Bumi Rakat Mufakat tepatnya di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS. “Semoga dengan pembangunan monumen Tugu Munggu Raya, kita bisa menghargai perjuangan pahlawan yang membela NKRI,” ujar Bupati Fikry.

Sementara itu, Ketua DHC 45 Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad yang juga Wakil Bupati HSS, mengucapkan Terima kasih kepada bupati selalu Ketua Dewan Kehormatan DHC 45 yang telah memberikan bimbingan dan arahan untuk organisasi, sehingga monumen 2 September 1949 atau Tugu Munggu Raya bisa selesai dan diresmikan. “Kami juga mengucapkan Terima kasih kepada PT AGM yang telah memfasilitasi renovasi Tugu Munggu Raya,,” ucap Wabup Syamsuri.

Menurut Wabup, renovasi monumen Tugu Munggu Raya ada wujud program yang dijalankan DHC 45 Kabupaten HSS, terhadap pewarisan nilai-nilai kejuangan. “Sesuai yang disampaikan pak bupati, 2 September 1949 adalah peristiwa bersejarah bertaraf Internasional di samping 17 Mei 1949,” ujar Wabup Syamsuri.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait