IKP naik sekitar 5 poin, Kalteng berada di peringkat ke-7

  • Whatsapp
Ketua PWI Kalteng, M Harris Sadikin.(ist)(kalselpos.com)

Palangka Raya,kalselpos.com – Indek kebebasan pers (IKP) yang dirilis Dewan Pers, Provinsi Kepulauan Riau menjadi urutan pertama dengan angka tertinggi 83,30 poin.

Urutan kedua Provinsi Jawa Barat dengan angka 82,66 poin. Ketiga Provinsi Jawa Timur 82,27 poin, keempat Sulawesi Tengah 81,78 poin, kelima Kalimantan Selatan 81,64 poin, keenam Sumatera Barat 81,64 poin.

Bacaan Lainnya

Sedangkan peringkat ketujuh ada Provinsi Kalimantan Tengah dengan angka 81,52 poin.
Angka raihan ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya 76,66 poin. Ada kenaikan sekitar 5 poin dari IKP tahun sebelumnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, M Harris Sadikin tentunya merasa bersyukur, kebebasan pers di Bumi Tambun Bungai menunjukkan perbaikan.

“Angka yang dipaparkan Dewan Pers menunjukkan kemerdekaan pers di Kalteng sangat baik. Data itu rilis Dewan Pers secara virtual pada hari Rabu (1/9),” ungkap Harris, kemarin.

Peningkatan IKP Kalteng, jelas Harris, tentunya tidak lepas dari semakin tingginya pemahaman pemerintah, pihak swasta, dan lainnya, terhadap kinerja pers.

“Memang angka yang diraih masih jauh dari sempurna, paling tidak menunjukkan kebebasan pers di Bumi Pancasila sangat baik dibandingkan daerah lain,” tuturnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.