ASN dan Non ASN di Pemerintah Kabupaten HSU ikuti Tes Massal Swab Antigen

VAKSINASI- Dinas Kesehatan melakukan tes swab massal antigen. Dilaksanakan di fasilitas kesehatan, ada juga petugas kesehatan yang datang langsung ke masing- masing instansi. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Kesehatan melakukan tes swab massal antigen. Dilaksanakan di fasilitas kesehatan, ada juga petugas kesehatan yang datang langsung ke masing- masing instansi.

Pelaksana tugas Kepala Dinkes HSU, Danu F Fotohena, mengatakan, pelaksanaan tes massal ini, sesuai dengan petunjuk Bupati HSU bernomor 065/080/ORG Tahun 2021 tentang pelaksanaan pemeriksaan swab antigen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

Bacaan Lainnya

Hal ini, untuk percepatan penanggulangan Covid-19 di HSU dengan cara memutus rantai penularan kluster perkantoran di seluruh SKPD/ Badan, kelurahan, camat, maka diselenggarakan swab antigen, Kamis (2/9).

Namun bagi pelaksanaan di Kecamatan, Swab Antigen dilakukan di Puskesmas masing-masing. “Swab dilaksanakan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS. Bukan hanya untuk instansi yang melakukan pelayanan, namun hingga ke organisasi terkecil di tingkat kelurahan,” katanya.

Pemerintah menargetkan pelaksanaan ini mencapai 3.000 swab antigen dalam kurun waktu 13 hari mendatang, yang dilakukan sejak 19 Agustus tadi sampai 6 September 2021 sesuai jadwal.

“Kita berharap dengan kegiatan ini mengurangi penularan covid- 19 yg bersumber dari perkantoran, terutama pelayanan publik,” terang Danu.

Meski bertahap dilaksanakan bersama-sama dengan Satgas Covid-19, menurut Danu hal ini berupaya untuk menurunkan PPKM Level 3 menuju ke level 2. “Karenanya, masyarakat juga dihimbau untuk patuh dengan protokol kesehatan Covid-19 atau 5 M, serta mengikuti Vaksinasi,” tuntasnya.

Berdasarkan data Tim Satgas Covid-19 per tanggal 1 september 2021 tadi, tren kasus Covid-19 di Kabupaten HSU untuk angka sembuh sebanyak 11 orang sehingga total sembuh 2.428, namun angka kasus positif naik juga sebanyak 11 kasus dengan total keseluruhan 2.865.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait