Penerapan SPBE melalui SSO Gagasan Ka Diskominfo Membantu Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19

Kadiskominfo H Adi Lesmana melaksanakan seminar implementasi proyek perubahan diklatpim II angkatan VIII, di Ruang Rapat Sekretariat Daerah melalui Aplikasi Zoom Meeting, Kamis (26/8). (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK memberikan apresiasi dengan diterapkannya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Sistem Single Sign On (SSO) di HSU yang digagas oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) H. Adi Lesmana.

Bacaan Lainnya

Bahkan apresiasi tersebut Ia sampaikan melalui Video Call saat Kadiskominfo seminar implementasi proyek perubahan diklatpim II angkatan VIII, dengan narasumber/penguji Dr. Gustafa Yandi, M.Si dan Pembimbing Dr. Elly Fariani, Ak, M. di Ruang Rapat Sekretariat Daerah melalui Aplikasi Zoom Meeting, Kamis (26/8).

Penerapan SPBE SSO di HSU disaat pandemi covid-19 sangat membantu dalam hal pelayanan, karena dengan hanya melalui gadget atau perangkat elektronik, telah mendapatkan pelayanan pemerintahan di masa pandemi ini.

“Sebagaimana diketahui mobilitas masyarakat dibatasi agar menghindari dari kerumunan guna mencegah penyebaran covid-19,” kata Bupati Abdul Wahid.

Diterapkannya SPBE SSO di HSU ini adalah bentuk dari memberikan keefektifan dan efisiensi pelayanan pemerintah kepada masyarakat, memudahkan koordinasi instansi yang satu dengan yang lainnya, begitu juga pimpinan daerah kepada SKPD di lingkup pemerintahan di HSU.

“Saya kira SPBE SSO ini menjadi perhatian kami atau pemerintah daerah untuk bisa dikembangkan lagi, ini adalah terobosan yang membanggakan dengan cukup satu akun bisa mendapatkan atau mengakses semua layanan, saya apresiasi luar biasa agar bisa dilaksanakan,” imbuh Wahid.

Sementara itu Kepala Diskominfo, H. Adi Lesmana, yang didampingi langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Akhmad Rifaniansyah menyampaikan, perubahan zaman yang sangat cepat baik itu dari segi teknologi. Informasi perlu adanya kemudahan-kemudahan pengaksesan setiap layanan pemerintahan untuk masyarakat.

“Karena itu lah kami diskominfo sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) memberikan suatu terobosan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar tidak bingung dikarenakan terlalu banyak akun atau aplikasi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk terintegrasinya tata kelola yang baik di pemerintahan maka terapkanlah SPBE SSO ini di HSU.

“Penerapan SPBE SSO ini juga merupakan visi HSU untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, agamis dan produktif (MANTAP),” tutupnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait