Profil Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan

Tugu Kepiting di Jalan Raya Berangas Desa Tirawan, Kabupaten Kotabaru.(ist)(kalselpos.com)

kalselpos.com– Kabupaten Kotabaru adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Ibu Kota Kabupaten di Kotabaru yang terletak di Pulau Laut, pulau yang terpisah dari pulau Kalimantan.

Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten pertama dalam provinsi Kalimantan dahulu.
Dan pada masa Hindia Belanda merupakan Afdeeling Pasir en de Tanah Boemboe dengan ibu kota Kota Baru.

Bacaan Lainnya

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 9.442,46 km² dan berpenduduk sebanyak 290.142 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010) dengan nelayan laut sebanyak 15.961 jiwa, dan pada tahun 2020, penduduk kabupaten Kotabaru berjumlah 325.571 jiwa.

Motto daerah ini adalah “Sa-ijaan” (bahasa Banjar) yang memiliki arti:
Semufakat, satu hati dan se-iya sekata.

Wilayah Kabupaten Kotabaru dibentuk menurut Undang-Undang Darurat No.3 Tahun 1953 tentang Pembentukan (Resmi) Daerah Otonomi Kabupaten/Daerah Istimewa Tingkat Kabupaten dan Kota Besar dalam lingkungan daerah Provinsi Kalimantan, dengan wilayah meliputi Kawedanan-kawedanan Pulau Laut, Tanah Bumbu Selatan, Tanah Bumbu Utara dan Pasir. Kemudian setelah disahkan sebagai undang-undang, wilayah Kabupaten Kotabaru dikurangi dengan Kawedanan Pasir.
Kantor Pemerintah Kabupaten Kotabaru beralamat di Jl. Sisingamangaraja, Kotabaru dengan alamat website www.kotabarukab.go.id

Perekonomian dan Pariwisata
PDRB Kabupaten Kotabaru masih menempati urutan kedua terbesar setelah Kota Banjarmasin dengan menyumbang 17,75% terhadap total PDRB Provinsi Kalimantan Selatan. Komoditi ekspor yang menonjol adalah hasil pertanian serta pertambangan dan penggalian.
Kabupaten Kotabaru memiliki beragam objek wisata alam, diantaranya Pulau Samber Gelap, Pantai Tanjung Ketapang, Air Terjun Seratak, Teluk Tamiang.

Bandara dan Pelabuhan
Bandara: Bandara Gusti Sjamsir Alam.
Pelabuhan: Pelabuhan Kotabaru, Pelabuhan Gunung Batu Besar, Pelabuhan Batulicin, Pelabuhan Stagen, Pelabuhan Mekar Putih, Pelabuhan Satui, dan Pelabuhan Pagatan.

Visi dan Misi
Visi jangka menengah daerah yang diusung oleh Kepala Daerah terpilih yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota/Kabupaten  adalah “Mewujudkan Kabupaten Kotabaru Sebagai Daerah Unggulan Di Bidang Agrobisnis Dan Kepariwisataan Serta Kemandirian Menuju Masyarakat Yang Berkualitas Dan Sejahtera.”

Berdasarkan visi tersebut, ditetapkan misi pembangunan sebagaimana berikut:

Mengembangkan dan meningkatkan sektor-sektor produksi di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, dan kelautan untuk menunjang ekowisata dan agrobisnis serta mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan potensi strategis yang ada di kabupaten kotabaru;

Mewujudkan struktur ekonomi yang berdaya saing dan pro kerakyatan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;

Mewujudkan pemenuhan infrastruktur dasar untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang layak dan sejahtera;

Mewujudkan kemandirian masyarakat dengan pendekatan partisipatif dan gotong royong;

Mewujudkan masyarakat yang religius, sehat, cerdas, terampil;

Mewujudkan perbaikan sistem subsidi, perlindungan sosial, dan penanggulangan/ pengentasan kemiskinan;

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa melalui penyelenggaraan pemerintahan yang aspiratif, partisipatif, dan transparan.

Potensi Daerah
Pertanian
Angka produksi padi sawah tahun 2017 adalah 62.181 ton, bila dibandingkan tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 42,31%. Produksi tanaman jagung pada tahun 2016 sebesar 49.296 ton menjadi 62.307 ton pada tahun 2017.

Hortikultura
Pada tahun 2017 di Kabupaten Kotabaru, tanaman sayuran yang menyumbang produksi terbesar adalah ketimun mencapai 1.250 ton. Penghasil ketimun terbanyak adalah kecamatan Sungai Durian dengan jumlah produksi mencapai 715 ton. Sementara penyumbang terbesar produksi buah pada tahun 2017 adalah pisang dengan total 95.850 ton.

Perikanan
Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kotabaru, secara keseluruhan jumlah produksi perikanan tangkap dan budidaya pada tahun 2017 mencapai 69.119 ton dan 1.607 ton.

Peternakan
Perkembangan peternakan diarahkan untuk meningkatkan populasi dan produksi melalui diversifikasi dan intensifikasi untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Populasi ternak besar sapi potong di Kabupaten Kotabaru pada tahun 2017 adalah 14.394 ekor dan kerbau sebanyak 4 ekor, sedangkan populasi kambing dan babi yang dikelompokkan sebagai ternak kecil berturut-turut adalah 12.965 ekor, dan 170 ekor. Sedangkan jenis unggas terbesarnya berupa ternak ayam kampung yang populasinya mencapai 481.614 ekor.

Obyek Wisata
Pulau Samber Gelap
Pulau ini beberapa tahun terakhir menjadi buah bibir di kalangan pecinta traveling. Pantainya yang menawan serta keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik utama pulau ini. Selain itu, pulau ini juga merupakan “sarang” para penyu. Untuk sampai ke pulau ini, ada beberapa alternatif. Salah satunya menggunakan speed boat dari Pelabuhan Panjang, Kotabaru. Kurang lebih dua jam perjalanan laut, kecantikan pulau ini akan berada di depan anda.

Pantai Teluk Tamiang
Yang paling terkenal dari Teluk Tamiang adalah eksotisme terumbu karangnya. Berbagai jenis terumbu karang dengan ukuran super besar bukan barang langka di sini. Inilah surganya pecinta wisata bawah laut. Selain itu, pantainya pun juga tidak kalah menawan. Dari ibukota kabupaten, Kotabaru, kamu bisa menuju pantai nan cantik ini hanya dengan menggunakan transportasi darat. Atau kalau kamu ingin menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik angkutan antar kecamatan dengan tujuan Lontar.

Pulau Tanjung Kunyit
Tidak jauh dari Teluk Tamiang, terdapat pulau keren yang sayang sekali bila tidak kamu kunjungi: Pulau Tanjung Kunyit. Di pulau ini terdapat mercusuar yang bila kamu menaikinya pemandangan indah akan terhampar di depan matamu. Sementara itu, terumbu karang di sekitar pulau ini juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dari Pantai Teluk Tamiang, kamu bisa menggunakan kapal nelayan untuk menyeberang ke pulau ini.

Pulau Denauan
Pulau Denauan adalah salah satu pulau yang terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat indah serta kesempatan menyaksikan langsung kawanan penyu bertelur.

Pulau Pemalikan
Masih di Kecamatan Pulau Sembilan, ada lagi satu pulau yang wajib kamu kunjungi, Pulau Pemalikan. Sebuah pulau yang juga tak berpenghuni dengan keindahan pantai dan bawah lautnya serta penyu-penyu yang ada di pulau ini. Dengan jarak tempuh ± 48,6 km dari Pulau Marabatuan, ibu kota Kecamatan Pulau Sembilan, kamu akan tiba di pulau dengan segala keindahannya ini.

Pulau Birah-Birahan
Dengan pasir putih dan airnya yang sangat bening, pulau ini memiliki banyak sekali spot-spot menarik yang bisa kamu eksplore sepuasnya. Pantai, tebing batu, bawah laut, penyu, matahari tenggelam, adalah hal-hal indah yang akan kamu nikmati di pulau ini. Adapun alternatif menuju pulau ini salah satunya adalah menggunakan kapal nelayan dari Lontar atau dari Teluk Tamiang dengan lama tempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

Pantai Gedambaan (Sarang Tiung)
Tidak jauh dari pusat kota Kotabaru, terpadat pantai jelita bernama Gedambaan, atau yang dulu biasa disebut Pantai Sarang Tiung karena letaknya di Desa Sarang Tiung. Menikmati matahari terbit begitu pas di pantai ini karena letaknya yang timur. Sementara di belakangnya, sebuah bukit menambah keindahan panorama pantai ini. Di pantai ini juga telah tersedia beberapa penginapan yang dapat kamu sewa.

Pantai Teluk Gosong
Berbeda jauh dari namanya, pantai ini justru memiliki pasir yang putih. Suasana hening di pantai ini ditambah pemandangan laut yang menentramkan, diiringi bunyi debur ombak serta angin semilir yang membelai, benar-benar akan membuat beban pikiranmu seperti menguap dari kepala. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Gedambaan, tepatnya di Jalan Raya Berangas kilometer 18.

Goa Temuluang
Bosan dengan pantai dan laut, Kotabaru juga memiliki goa yang eksotis, Goa Temuluang namanya. Selain suasananya yang eksotis dengan air di dasarnya, goa ini ternyata juga mempunyai banyak cerita dan sejarah. Namun yang paling membuat goa ini terkenal adalah banyaknya sarang walet berkualitas tinggi di dalamnya. Goa ini berada di wilayah Kecamatan Kelumpang Hulu. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan gunung-gunung batu kapur yang menjulang indah.

Letak Geografis
Sebagian besar wilayah Kabupaten Kotabaru merupakan daerah pantai, dataran rendah serta daerah bergelombang sedang dan berat. Dari daerah pantai sebelah timur merupakan daerah yang cukup datar, semakin kebarat wilayahnya semakin bergelombang sampai berbukit.  Kabupaten Kotabaru terletak di sebelah Tenggara Provinsi Kalimantan Selatan, yang secara geografis terletak antara 114°192 13″ – 116°332 282 ’ Bujur Timur dan 01°21’49″ – 04°10’14’’ Lintang Selatan dengan luas wilayah 9.422,73 KM², atau ¼ wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, yang terbagi atas 18 kecamatan dan 195 kelurahan/desa.

Batas Wilayah Administrasi
Sebelah Utara:  Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur.
Sebelah Timur: Selat Makassar.
Sebelah Selatan:
Kabupaten Tanah Bumbu dan Laut Jawa.
Sebelah barat: Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.
(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait