HUT ke-48 KNPI, Safrizal menanam pohon di kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut HSU

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA menanam pohon dalam rangka HUT ke 48 KNPI,  di kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut di Kecamatan Haur Gading Kabupaten HSU, Sabtu (07/08).(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA bersama istri, melakukan penanaman pohon secara simbolis, dalam rangka HUT ke 48 KNPI,  Sabtu (07/08/2021).

Lokasi penanaman
dilaksanakan di Kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan (Swargaloka) Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Bacaan Lainnya

Pohon beringin yang ditanam Safrizal, tepat di samping  Pondok Swargaloka atau Pondok Pantau Api di Desa Tambak Sari Panji.

Turut menanam pohon, Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Bupati HSU dan istri, serta Ketua KNPI HSU.

Pondok Pantau Api dibangun untuk  bangunan wisata sekaligus pemantau untuk antisipasi dari kebakaran hutan dan lahan. Selain digunakan  untuk memantau jika ada pembalakan atau penebang pohon di hutan secara ilegal.

Dengan tinggi sekitar lima meter di permukaan rawa di Pondok Wisata Swargaloka atau  pondok pemantau api ini memungkinkan wisatawan untuk  melihat seluruh kondisi hutan dan hamparan kebun purun.

Panorama wisata ini juga sangat cocok bagi wisatawan untuk berswafoto dengan latar belakang hutan dan kebun purun.

Pj Gubernur Safrizal yang datang bersama keluarga mengatakan,  pihaknya mendorong setiap upaya penanaman pohon dari pihak mana pun.

Gerakan penanaman pohon ujarnya, kalau bisa  dipercepat, tentunya akan lebih baik.

Dikatakan juga, HSU  salah satu daerah yang unik di Kalsel. Karena banyak memiliki rawa dan cukup sulit  mengelolanya. Namun potensi rawa ini bisa dioptimalkan, karena rawa sekaligus menjadi area penampungan air yang bermanfaat bagi daerah sekitar.

Safrizal mengimbau agar masyarakat  mengelola sungai atau rawa dengan baik, apalagi dilakukan penataan agar terlihat indah, sehingga menjadi pemandangan yang nyaman dan menjadi daya tarik wisatawan.

Ia tak lupa mengapresiasi kerjasama masyarakat di lima desa di Kecamatan Haur Gading, sehingga terkelola agriwisata Swargaloka di HSU ini.

Rombongan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA juga merasakan sensasi susur Sungai Awang Rawa Gambut yang terletak di Desa Pulantani dan Desa Tambak Sari Panji Kecamatan Haur Gading sebagai andalan destinasi wisata SwargaloKa di Hulu Sungai Utara ini.

Kawasan ini berada diantara dua sungai yaitu Sungai Tabalong di
sebelah Timur dan Sungai Barito di sebelah Barat.

Perjalanan yang ditempuh dengan perahu mesin bermuatan  maksimal 2 penumpang itu melewati hamparan dataran rendah yang ditumbuhi tanaman purun.

Tekait Covid-19, diingatkan bahwa pendekatannya hulu hilir. Supaya penanganan baik, tenaga kesehatan harus sesuai kapasitasnya.
Caranya, jangan mengirim pasien terlalu banyak ke rumah sakit. Dengan kata lain,  jangan terpapar Covid.

Safrizal juga mengingatkan, Covid-19 varian delta sudah ada di Kalsel.

“Tadi malam saya terima suratnya dari Menkes,” ujarnya sembari berharap,  kasus ini belum ada d HSU.

Perlu diwaspadai ujar Safrizal, karena kemampuan penularan varian delta ini lebih cepat atau banyak dibanding Covid-19. “Sosialisasikan sampai ke level RT, karena hanya kemampun komunitas kita bisa mengerem,” terangnya.

Bupati HSU, Abdul Wahid mengatakan, pandemi harus disikapi dengan optimis. Pemkab HSU membuka Puskesmas Alabio sebagai tempat perawatan terpusat untuk pasien terdampak Covid-19 dengan daya tampung 120 orang (maksimal), tanpa mengganggu pelayanan masyarakat  seperti biasa.

Di HSU ujar Wahid, juga tersedia produksi oksigen medis sendiri, kendati masih dalam jumlah terbatas. Namun ia masih menyayangkan,  masih ada kekhawatiran masyarakat  untuk dirawat di rumah sakit, karena terpengaruh  isu yag tidak benar.

“Yakinlah Pemerintah akan upayakan tebaik bagi masyarakat,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait