‘Tandingi’ AS, militer China gelar latihan Besar-besaran di laut China Selatan

LATIHAN PERANG - Terhitung mulai Jumat (6/8/2021) hari ini, China mengumumkan akan mengadakan latihan militer besar-besaran. Pengumuman(kalselpos.com)

Beijing, kalselpos.com – Mulai Jumat (6/8/2021) hari ini, China mengumumkan akan mengadakan latihan militer besar-besaran. Pengumuman ini dilakukan pada saat AS juga menggelar latihan militer skala besar yang menargetkan China, dan beberapa negara termasuk Inggris, Jerman dan India berencana untuk mengirim atau telah mengirimkan kapal perang mereka ke Laut China Selatan.

Melansir Global Times, sebagaimana dikutip kalselpos.com dari kontan.co.id, sejumlah pengamat mengatakan China sudah menyiapkan zona pembatasan navigasi yang luas di Laut China Selatan. Para pengamat menilai, latihan tersebut menyerupai latihan yang dilakukan tahun lalu di mana Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), dilaporkan melakukan latihan rudal balistik anti-kapal pembunuh kapal induk secara langsung.

Bacaan Lainnya

Menurut para ahli, rincian tentang latihan yang akan datang tetap spekulatif. Hal itu akan berfungsi sebagai tanggapan terhadap provokasi baru-baru ini, yang menunjukkan, China memiliki senapan berburu yang siap melawan ‘serigala’.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Administrasi Keselamatan Maritim China, pada Rabu lalu, Negeri Panda tersebut akan mengadakan pelatihan militer di Laut China Selatan mulai Jumat hingga Selasa, dan kapal lain dilarang memasuki zona pembatasan navigasi.

Media Pertahanan Nasional, pada Kamis (5/8/2021) memberitakan, koordinat yang diberikan dalam pemberitahuan tersebut menunjukkan, zona eksklusif membentang dari perairan di tenggara Pulau Hainan hingga sebagian besar perairan di sekitar Kepulauan Xisha, yang berarti, area latihan lebih besar daripada Pulau Hainan.

Pemberitahuan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang latihan tersebut, tetapi sebuah kantor berita yang berbasis di Taipei melaporkan, jika PLA meluncurkan rudal balistik anti-kapal di Laut China Selatan dalam latihan serupa tahun lalu.

Latihan tahun lalu, yang dilakukan dari 24 hingga 29 Agustus, juga menampilkan zona pembatasan navigasi di lokasi yang hampir sama dan dengan ukuran yang sama yang diumumkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim.

Media AS yang mengutip pejabat pertahanan AS mengatakan, China meluncurkan empat rudal balistik jarak menengah ke Laut China Selatan dalam latihan itu, mendarat di daerah antara Pulau Hainan dan Kepulauan Xisha.

Ini secara luas ditafsirkan oleh media luar negeri sebagai PLA menguji rudal balistik anti-kapal, mungkin pembunuh kapal induk, yakni DF-21D dan DF-26.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Kolonel Senior Wu Qian mengatakan, pada konferensi pers reguler pada 27 Agustus 2020, latihan militer Tiongkok bersifat rutin dan tidak menargetkan negara mana pun.

Song Zhongping, seorang pakar militer China dan komentator TV, mengatakan kepada Global Times pada hari Kamis bahwa PLA menganjurkan konsep operasi gabungan yang menampilkan beberapa layanan militer, yang dapat mencakup Pasukan Roket PLA, dan rudal balistik anti-kapal live-fire lainnya pada latihan yang mungkin digelar tahun ini.

Jika tidak, latihan tersebut kemungkinan akan menampilkan kekuatan laut dan udara gabungan, kata Song.

“Latihan ini telah menjadi rutinitas di dekat perairan China, dengan tujuan mengasah kemampuan PLA untuk berperang dan memenangkan perang di bawah skenario pertempuran yang realistis,” timpal Song.

Sementara itu, media militer AS Stars and Stripes melaporkan, AS memulai latihan angkatan laut dan amfibi berskala besar pada hari Selasa, yang disebut sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam 40 tahun. AS mengatakan latihan itu bertujuan untuk mengirim pesan ke Rusia dan China.

Menampilkan unit di 17 zona waktu yang berbeda, latihan tersebut mencoba untuk menunjukkan bahwa AS dapat secara bersamaan mengatasi tantangan di Laut Hitam, Laut Mediterania timur, Laut China Selatan dan Laut China Timur.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait