Rakor Penanganan COVID-19, HSS Telah Siapkan 451 Tempat Tidur

RAKOR- Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Muhammad Noor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS dr Siti Zainab dan Dirut RSUD Brigjend Hasan Basry dr Rasyidah, rapat koordinasi teknis penambahan kapasitas Tempat Tidur(Kominfo)(kalselpos.com)

Kandangan,kalselpos.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Muhammad Noor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS dr Siti Zainab dan Dirut RSUD Brigjend Hasan Basry dr Rasyidah, rapat koordinasi teknis penambahan kapasitas Tempat Tidur (TT) COVID-19 bersama Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI), secara virtual, Kamis (5/8), di Media Centre Setda HSS.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso, mengatakan rakor digelar untuk menyikapi kasus di luar Jawa-Bali yang cukup tinggi, seingga perlukan langkah yang akan dikoordinasikan dalam rapat, mengenai bagaimana menurunkan BOR (Bed Occupancy Rate) dengan meningkatkan konversi TT untuk COVID-19 di Rumah Sakit (RS) minimal 40%.

Bacaan Lainnya

“TT ini diterapkan kepada 30 kabupaten/kota dengan kenaikan kasus tertinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten HSS, Muhammad Noor, mengatakan untuk keseluruhan tempat tidur di HSS sendiri totalnya ada 451 TT, di RSUD Brigjend Hasan Basry Kandangan telah menkonversikan TT untuk penanganan COVID-19 sebanyak 120 buah TT.

“Kita tindak lanjuti, untuk RS swasta juga di wajibkan melayani COVID-19 agar mereka bisa menyiapkan 40 % dari ketersediaan tempat tidur,” ujar Sekda.

Dikatakan sekda, untuk isolasi terpusat (isoter) di Kabupaten HSS sudah ada, yaitu di Eks RS Hasan Basry yang masih terus difungsikan, dan rencananya juga akan dilakukan penambahan isoter di kecamatan-kecamatan.

“Sudah ada beberapa tempat di Kecamatan Daha untuk rumah singgah isolasi terpusat. Insyaallah 40% dari kapasitas TT RS dapat kita sediakan, dan isoter akan siapkan untuk menampung pasien COVID-19 yang isolasi secara terpusat,” ujar Sekda.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait