Wabup HSS Motivasi Pelaku UMKM

  • Whatsapp
MOTIVASI- Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad memberikan motivasi kepada pelaku UMKM. (Kominfo)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada pelaku usaha, dalam kegiatan klinik koperasi dan
usaha mikro kecil menengah (UMKM), yang digelar Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) setempat, Kamis (5/8).

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan meski UMKM memiliki daya tahan yang kuat dalam kondisi tertentu, seperti terbukti krisis pada 1997, 1998 dan 1999 masih dapat bertahan.

Bacaan Lainnya

Namun, dalam pandemi COVID-19 banyak pelaku UMKM yang gulung tikar, karena usaha tak bisa berjalan. “Menghadapi pandemi COVID-19 ini, UMKM harus lebih kreatif dan tetap semangat untuk mempertahankan usahanya, ” ujar Wabup Syamsuri.

Selain kreatif, kata wabup, UMKM harus produk berorientasi pada standar jumlah, kualitas, harga maupun service pelayanannya. “Dan yang tak kalah penting bagi adalah memperhatikan pasang pasar, proses branding, merek dan penggunaan media sosial, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Hendro Martono, mengatakan klinik koperasi dan UMKM merupakan salah satu inovasi, yang sudah terlaksana sejak awal tahun 2020 hingga sekarang. “Dalam klinik, UMKM dipersilakan menyampaikan problem dan kendala apa saja yang mereka hadapi,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memaksimalkan inovasi tersebut, pihaknya membentuk beberapa tim layanan, yakni asistensi bidang kualitas produksi, asistensi bidang permodalan, asistensi promosi dan distribusi, serta asistensi bidang perizinan produk. “Semua asistensi dibantu oleh beberapa pihak terkait yang bekerjasama dengan kita,” ujarnya.

Dikatakannya, pihak-pihak yang telah bekerjasama tersebut diantaranya, Tim Pengerak PKK HSS, Dinas Perdagangan, dan perbankan untuk mendapatkan kemudahan pinjaman. “Semoga dengan klinik ini, Koperasi dan UMKM masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dalam menjalankan usahanya, sehingga cepat berkembang terlebih di masa pandemi COVID-19 ini, ” ujarnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.