Pasca Popda 2021, Cabor Gulat Berharap Potensi Pegulat Muda Tidak Diabaikan

  • Whatsapp

Banjarmasin, kalselpos.com – Keberhasil tim Popda gulat Kota Banjarmasin menjadi juara umum Popda 2021 diharapkan bisa mendapat perhatian selanjutnya. Selain Banjarmasin, beberapa pegulat berprestasi dari daerah lain juga diharapkan mendapatkan kesempatan serupa.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan langsung oleh pelatih tim gulat Popda Banjarmasin, Indra Syafrie. Menurutnya, pasca terlaksananya Popda ini, potensi para atlet harus benar-benar dijaga. Tentu banyak atlet bertalenta yang tersebar di berbagai daerah.

Sebut saja M Raihan, pegulat asal Tapin peraih medali emas kelas 65 kilogram gaya grego. Lalu ada Andreyawan pegulat asal Banjarmasin peraih medali meas kelas 55 kilogram gaya bebas dan masih banyak lagi.

“Anak-anak ini harus terus dibina melalui berbagai macam program dari Dispora Kota atau Provinsi. Intinya mereka harus dibina berkesinambungan,” ungkapnya.

Indra menilai peran pemerintah sangat penting untuk menciptakan bibit-bibit potensial pegulat di masa mendatang.

“Jangan sampai, setelah kejuaraan selesai, mereka dibiarkan begitu saja, tentu akan merusak mental mereka ke depannya,” katanya lagi.

“Yang penting, harus semua atlet dari seluruh Kabupaten/kota terus mendapat pembinaan yang serius, potensi mereka sama, peluang mereka juga harus sama agar ke depan bisa bersaing untuk mengharumkan nama Kalimantan Selatan di tingkat Nasional maupun Internasional,” tutupnya.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan, Fitri Hernadi mengatakan pembinaan atlet pasca Kejurprov merupakan kewajiban dari Pengprov cabor maupun para pengcab di Kabupaten/kota.

“Setiap atlet yang memiliki potensi patut diperhatikan dan dibina lebih lanjut sehingga memenuhi kriteria atlet unggulan yang akan membawa nama Kalsel di kancah nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Secara khusus, Fitri menjelaskan Dispora Kalsel bersama KONI provinsi memiliki kesepakatan untuk beberapa cabor unggulan.

“Mereka akan menjalani seleksi, pemusatan latihan, program pembinaan dan pengembangan serta mengikuti single event seperti kejurnas dan multi event seperti Pra PON dan kompetisi lain termasuk yang ada di luar negeri,” tuntasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.