Bang Dhin : “Kalsel tidak sedang Baik-baik saja”

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Kalsel, M.Syaripuddin(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Negara Indonesia saat ini menduduki urutan ke 14 dunia mencatat kasus Covid 19 secara global.

Hal ini berdasarkan data Worldometers yaitu 3.033.339 kasus secara akumulatif sejak wabah muncul di 2020 dengan 79.032 kematian diantaranya jumlah kematian baru 1.449 orang dengan total sebanyak 561.384.

Bacaan Lainnya

Kondisi terkini Provinsi dengan peningkatan kasus di atas 150% dan 21 Provinsi (8 provinsi baru ditambahkan sejak minggu sebelumnya) kini telah melaporkan varian delta dan proporsi tes positif lebih dari 20% di 33 Provinsi bahkan 6 Provinsi mengalami peningkatan lebih dari 150% yaitu Banten (540%), Sumatera Utara (238%), Papua (233%), Kalsel (196%), Jawa Timur (187%) dan Jambi (152%).

“Data itu resmi dari WHO dimana Indonesia negara yang mengalami kenaikan kasus tertinggi,” ujar Wakil ketua DPRD Kalsel, M.Syaripuddin kepada Kalselpos.com, Kamis (22/7).

Mengaca dari data lonjakan kasus hingga kematian akibat virus inimengindikasikan Kalsel dalam keadaan tidak baik-baik saja apalagi
kondisi lapangan menujukkan situasi rumah sakit rujukan virus corona (Covid-19) terisi lebih dari 50% dan pasokan oksigen sudah sangat terbatas.

Perlu disadari situasi sekarang sudah tidak bisa compromize lagi artinya perubahan perilaku di hulu untuk mengurangi beban fasilitas dan tenaga kesehatan yang berada di hilir. Jadi kalau 5M dan 3T dilakukan secara bersamaan, penularan bisa diputus dengan lebih cepat

“Keseriusan dari partisipasi masyarakat seluruh Indonesia mematuhi protokol kesehatan kuncinya,sekarang karena terdesak pemerintah harus menerapkan PPKM,” tambahnya.

Lanjut pria yang karib disapa Bang Dhin ini, upaya konkrtit lainnya ialah orang pembawa virus harus secepatnya ditemukan untuk diisolasi dan dirawat, kemudian orang terlibat kontak erat dengan orang pertama harus dites, diperiksa swab-PCR.

“Bila terkonfirmasi positif, segera dirawat dan diisolasi dan begitu seterusnya,” harapnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.