Komisi II DPRD Kalsel apresiasi kinerja Bakeuda khususnya Samsat Paringin

Komisi II DPRD Provinsi Kalsel foto bersama di sela kegiatan monitoring ke UPPD Samsat Paringin.(ist)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) menjadi gardan terdepan setiap Unit Penerimanaan Pajak Daerah (UPPD) di tiga Kabupaten/Kota khususnya di Paringin diantaranya menyoroti potensi optimalisasi komponen Pajak Air Permukaan (PAP) dinilai sangat besar terutama bagi perusahaan tambang yang memanfaatkan atau menggunakan air permukaan.

“Untuk diketahui potensi PAP di wilayah ini sangat besar, hal ini diperkuat regulasi Undang undang Nomir 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah Bakeuda Provinsi Kalsel, H. Rustamaji kepada kalselpos.com, Kamis (15/7).

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, dalam aturan undang-undang diatas bahwa PAP merupakan pajak daerah Provinsi, sedangkan Pajak Air Bawah Tanah (PABT) bagian dari Pajak Daerah Kabupaten / Kota. Saat ini Pemerintah Provinsi Kalsel sedang giat giatnya menggali potensi PAP dari hulu ke hilir, memang ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan karena topografi dan sulitnya masuk di wilayah perusahaan, apalagi saat pamdemi Covid-19 masih berlangsung.

“Namun situasi ini tidak menyurutkan kinerja Bakeuda, alhamdulillah hasilnya terlihat sampai Juni 2021 ini realisasi penerimaan PAP sebesar 58,51% dari target yang telah ditetapkan dan tren positif sebesar 25,07% dari tahun lalu pada periode yang sama,” tambahnya

Lanjut pria yang karib disapa Ari Lasso ini, seperti yang disampaikan Komisi II DPRD Kalsel untuk memperkuat penggalian potensi PAP dengan memaksimalkan kinerja tim terpadu, prosesnya sudah disiapkan Draft Keputusan Kepala Daerah, dengan harapan segera terealisasi untuk implementasinya.

“Mohon doa masyarakat Kalsel agar upaya Bakeuda bisa menorehkan hasil yang lebih baik di tengah pandemi Covid-19,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait