DPRD Kalsel terima kunjungan DPRD Tapin konsultasikan pelaksanaan sosper

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Wahyudi Rahman.(ist)(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), Wahyudi Rahman mengungkapkan bahwa DPRD Kalsel kembali menjadi rujukan penyelenggaraan sosialisasi perda (sosper).

Kali ini pihaknya mendapat kunjungan dari DPRD Kabupaten Tapin yang mengkaji informasi terkait mekanisme pelaksanaannya termasuk regulasi di dalamnya.

Bacaan Lainnya

“Kami menjelaskan tujuan, mekanisme dan aturan sehingga sosper itu penting dilaksanakan,” ujar Wahyudi kepada kalselpos.com, Jumat (09/07).

Pihkanya mengapresiasi langkah DPRD Tapin beserta rombongan guna berkonsultasi terkait sosper ini. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dengan jumlah peserta terbatas.

Hal penting tambah Wahyudi dari setiap kegiatan itu adalah mengedukasi masyarakat terkait produk aturan DPRD yaitu peraturan daerah (perda) apa saja selama itu berkolerasi di setiap komisi di dewan.

“Banyak produk perda ini belum tersampaikan secara optimal, disinilah fungsi sosper itu diselingi dengan dialog dengan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Tapin, Wahyu Nugroho mewakili rombongan meminta fasilitasi Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Tapin guna melaksanakan kegiatan serupa, karena pada akhirnya setiap perda itu perlu dipublikasikan dan disampaikan langsung ke masyarakat.

“Kami ingin mempelajari ketentuan pelaksanaan dan komponen apa saja di dalam sosper ini,” katanya.

Kunjungan kerja (Kunker) DPRD Tapin kali ini menjadi bagian penting sebelum melangkah lebih jauh yaitu ingin memperdalam bagaimana pelaksanaan sosper yang belum ada di kabupaten termasuk menyangkut penganggarannya karena kegiatan dilaksanakan berkesinambungan.

Selain itu menurutnya dengan pemberian arahan sosper ini dapat diterapkan khususnya di Kabupaten Tapin di bidang pembangunan, pendidikan dan kesehatan.

“Kita harapkan apa yang disampaikan dapat diambil dan diterapkan di daerah,” katanya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait