Anggota DPRD Kalsel gelar Sosper PMD di Desa Pabaungan Hilir

Anggota DPRD Kalsel Wahyudi Rahman saat Sosper PMD di Kantor Desa Pabaungan Hilir, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Senin (05/07).(ist)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021 sudah tidak ada lagi desa dengan status tertinggal di Kabupaten Tapin.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Wahyudi Rahman, SE, MM mengharapkan
prestasi tersebut terus ditingkatkan, sehingga semakin banyak desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Bacaan Lainnya

“Hal ini tentunya perlu dukungan seluruh elemen dari Pemerintah Desa, Pemkab, Pemprov, pemerintah pusat dan masyarakat dalam pembangunan desa,” ujar Wahyudi saat menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 04 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Kantor Desa Pabaungan Hilir, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Senin (05/07).

Hadir dalam Sosper tersebut jajaran Pemerintah Desa Pabaungan Hilir, BPD, para Ketua RT/TW, perwakilan masyarakat, perwakilan perempuan dan pemuda desa setempat.

Politisi PDIP ini menyebutkan, Perda PMD ini hadir sebagai tindaklanjut dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Selain itu ia mengingatkan agar Pemerintahan Desa hingga Ketua RT/RW dapat menjadi pelopor dalam pencegahan Covid-19, termasuk dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19.

“Kalau sudah ada kesempatan vaksinasi agar dapat diikuti dan masyarakat harus proaktif. Semakin banyak yang sudah divaksin maka kekebalan bersama (herd immunity) akan cepat terwujud,” terangnya.

Kemudian Sekdes Desa Pabaungan Hilir, Sahminan mengungkapkan pemberdayaan masyarakat dan desa ini telah berdiri Badan Usaha Milik Desa Bersama (BumdesMa) dengan permodalan gabungan beberapa desa di Kecamatan CLS. Salah satu usaha yang dikembangkan adalah pendirian pertashop.

Menanggapi keberadaan BumdesMa tersebut, anggota Komisi IV DPRD Kalsel mengapresiasi sekaligus menjembatani aspirasi masyarakat seperti dukungan pengembangannya oleh Pemerintah Provinsi Kalsel melalui SKPD terkait.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait