Agustus, Liga 3 Zona Kalsel Bergulir

Liga 3 Zona Kalsel akan menjadi momentum unjuk gigi bagi pemain muda Banua untuk berkembang.(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan gelaran Liga 3 zona Kalsel akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun ini. Kompetisi ini nantinya akan dilangsungkan dengan mengusung format home turnamen, dengan sistem pertandingan setengah kompetisi.

Bacaan Lainnya

“Rencana kick off akan kita laksanakan pertengahan Agustus, di ikuti 14 tim dengan format setengah kompetisi,” kata sekertaris Asprov PSSI Kalsel, Baktiansyah.

14 tim tersebut terbagi dalam 2 grup. Masing-masing grup akan ditunjuk satu tuan rumah yang menyelenggarakan seluruh pertandingan di grup tersebut. Penunjukan tersebut ditentukan oleh Asprov PSSI, dengan menimbang kesiapan venue dan kelayakan menggelar menggelar pertandingan.

“Nanti kita survei dulu stadion atau lapangan yang layak, sembari kami dari Asprov menyusun jadwal. Setelah jadwal tersusun, Asprov akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan kepolisian untuk mendapatkan izin,” tambahnya.

Momentum Liga 3 zona Kalsel juga sekaligus ajang pembinaan pemain muda Banua. Dengan digelarnya Liga 3, pemain muda tetap bisa berkembang dan dapat menjadi ajang pesepakbola amatir menuju profesional.

Pemahaman itu didukung dengan terbitnya regulasi oleh Asprov, yang membatasi usia pemain. Seluruh tim diwajibkan menurunkan mayoritas pemain kelahiran 1 Januari 1999 – 31 Desember 2003. Meski, pemain senior tetap diberi kesempatan ambil bagian meski terbatas.

Kepastian kembali bergulirnya kompetisi Liga 3 Zona Kalsel tersebut disambut positif oleh Pelatih Peseban Banjarmasin, Bambang Hermawan. Pasalnya setelah sekian lama akhrinya geliat dunia sepak bola yang sempat terhenti akibat pandemi perlahan bisa beradaptasi.

“Semua mulai bergerak lagi, ada gairah lagi dan tentu akan menimbulkan semangat juga dari pemain,” katanya.

Namun, untuk persiapan Peseban sendiri di Liga 3 2021 ini, Ia mengatakan akan menunggu arahan dari manajemen terlebih dahulu.

“Mungkin, kami akan bertemu untuk membahas secara detail persiapan kami, yang pasti pemain Liga 3 lalu yang masih masuk usianya, akan kami pakai ditambah para alumni Peseban U-17 lainnya,” jelas Om Bambang.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait