BI Perwakilan Kalsel gelar Pameran UMKM Karya Kreatif Banua

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar (kiri) dan Kepala BI Perwakilan Kalsel, Amanlison Sembiring (kanan) foto bersama dengan salah satu peserta pameran UMKM Karya Kreatif Banua.(ist)kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Pemprov Kalsel, dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bersinergi membesarkan UMKM.

Kolaborasi kerja sama dalam bentuk menyelenggarakan Pameran UMKM Karya Kreatif Banua, Jumat (18/6/2021)

Bacaan Lainnya

Kegiatan dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.

Bertempat di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, pameran ini dimeriahkan sesi nonton bareng puncak acara Kilau Digital Permata Flobamora di Nusa Tenggara Timur.

Juga diselingi penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BI dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat terkait.

“Program Magang Pendampingan Pencatatan Keuangan UMKM Menggunakan Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK)”.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, turut hadir untuk memberikan dukungan pada para pelaku usaha, didampingi Sekda Roy Rizali Anwar beserta para Kepala SKPD.

Dalam sambutannya, Safrizal mengatakan 98 persen perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor UMKM.

Pemerintah harus mendorong kemajuan sektor usaha skala mikro sampai menengah tersebut.

Disamping itu, ia juga menyerukan upaya peningkatan kualitas dari sisi pelaku usaha.

“Maunya dari mikro naik ke kecil, dari kecil naik ke menengah, dari menengah naik ke besar. Perlu adanya upgrade atau peningkatan.”

“Tugas kita lah memfasilitasi mereka agar bisa upgrade,” tambah Safrizal.

Penjabat Gubernur Kalsel yang memulai kariernya sebagai lurah di Aceh ini juga memberikan motivasi pada para pelaku usaha.

“Kebanyakan pengusaha besar Indonesia juga dimulai dari kecil-kecil, termasuk Bob Sadino. Artinya, ayo fight para pekerja di sektor UMKM.”

Ia melanjutkan, tugas pemerintahlah untuk memberikan dukungan yang nyata. Salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas produk dan kemasan.

“Ayo kita bantu UMKM menaikkan kualitas. Ajari packaging yang rapi, unik, dan berkualitas, karena bahan baku juga tidak ada kurangnya di Indonesia,” ujar Safrizal.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring, mengungkapkan tujuan kerjasama antara BI dengan Universitas Lambung Mangkurat.

“Kita mengadakan penandatangan MoU dengan ULM untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memberikan pendampingan pembukuan menggunakan SIAPIK.”

Ia menjelaskan, “kadang UMKM kita pencatatannya belum terlalu baik, sehingga perlu kita bantu. ULM siap membantu melalui kerjasama dengan BI,” paparnya.

Adapun pameran produk unggulan UMKM Banua berjalan lancar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Beberapa karya yang dipajang berupa kain sasirangan, kerajinan kayu, sampai batu khas Kalimantan.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait