Amanlison: Sektor UMKM sangat strategis bagi perekonomian nasional

Amanlison Sembiring, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalsel.(anas aliando)(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalsel, Amanlison Sembiring menilai, sektor UMKM sangat strategis bagi perekonomian nasional. Sektor ini  telah menyerap sekitar 117 juta tenaga kerja dan berkontribusi terhadap 61,07 persen dari Produk Domestik Bruto.

Hal tersebut disampaikan kepada wartawan disela kegiatan Pameran UMKM Karya Kreatif Banua, bertempat di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Jumat (18/6/2021).

Bacaan Lainnya

“Data terakhir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan, pada tahun 2018 Indonesia memiliki 64,1 juta usaha atau sekitar 99,99 persen dari total pelaku usaha di Indonesia, sektor UMKM menyerap tenaga kerja yang luas,” ungkapnya.

Amanlison mengatakan, UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi dan mampu menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian, Bank Indonesia memiliki berbagai program kerja dalam mengembangkan UMKM antara lain peningkatan akses keuangan, program pengembangan UMKM naik kelas, onboarding UMKM, hingga fasilitasi pemasaran dalam dan luar negeri.

“Kegiatan Pagelaran UMKM Karya Kreatif Banua merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI) yang saat ini sedang berlangsung di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,” paparnya.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Kalimantan Selatan dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terkait, program pemberdayaan mahasiswa dalam pendampingan penyusunan pencatatan laporan keuangan UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan akses pembiayaan dan pengembangan manajemen keuangan UMKM.

Selain menyelenggarakan kegiatan pameran/display fisik, kegiatan ini juga akan dirangkai dengan capacity building berupa peningkatan literasi keuangan dan sosialisasi program ekspor dengan menggandeng Shopee International Indonesia sebagai narasumber.

“Kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel dengan Pemprov Kalsel dan berbagai stakeholder terkait lainnya dapat memberikan manfaat bagi kemajuan UMKM dan perekonomian daerah Kalimantan Selatan,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait