Prokes ketat, Kementerian ATR/BPN gelar sosialisasi program strategis di Banjarmasin

  • Whatsapp
Kementerian ATR/BPN gelar sosialisasi program strategis, seperti pendaftaran tanah melalui PTSL, RDTR hingga Reforma Agraria di Mercure Hotel, Banjarmasin Sabtu, (12/06/2021).(kalselpos.com)

Banjarmasin, ,kalselpos.com – Sebagai upaya menyukseskan fokus program strategis, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar sosialisasi program strategis, seperti pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
(PTSL), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) hingga Reforma Agraria dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ketat di Mercure Hotel Banjarmasin, Sabtu, (12/06/2021).

Bacaan Lainnya

Acara dengan tema Reforma Agraria dan PTSL ini dihadiri oleh Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Kelembagaan, Teuku Taufiqulhadi, Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda, PJ Gubernur Kalimantan Selatan, Syafrizal, Kepala Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Selatan, Alen Saputra serta diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Kepala Kantor Pertanahan se Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Ketua DPRD se Kalsel.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati menyampaikan, sebagai upaya mempercepat target program, Kementerian ATR/BPN mengadakan sosialisasi program strategis.

“Tak hanya sebagai sarana edukasi, namun juga mengajak seluruh stakeholder terkait dan masyarakat untuk ikut serta bersama menyukseskan program strategis Kementerian ATR/BPN,” katanya.

Yulia juga menyampaikan bahwa salah satu program strategis Kementerian ATR/BPN adalah Reforma Agraria.

Reforma Agraria terdiri dari Aset Reform dan Akses Reform, yakni tak hanya melakukan legalisasi aset melalui PTSL, namun juga melakukan pemanfaatan lahan agar memberikan kesejahteraan yang berkeadilan melalui kegiatan redistribusi tanah.

“Program Reforma Agraria ini menjadi bentuk hadirnya pemerintah dalam rangka mengatasi ketimpangan dalam penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah serta menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sedangkan sebagai narasumber, Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda, menyampaikan program strategis Kementerian ATR/BPN kepada masyarakat, karena Anggota Komisi II DPR RI mempunyai peran besar dalam tersampaikannya program tersebut kepada masyarakat.

Selain sebagai mitra kerja Kementerian ATR/BPN, Anggota Komisi II DPR RI merupakan tokoh yang dekat dengan masyarakat setempat, sehingga dapat membantu Kementerian ATR/BPN dalam rangka mensosialisasikan program strategis ini kepada masyarakat, sehingga target seluruh bidang tanah terdaftar di seluruh Indonesia tercapai di tahun 2025

Dalam acara sosialisasi juga sekaligus dilaksanakan penyerahan sertipikat kepada 10 orang masyarakat, dimana sertipikat tersebut merupakan hasil dari program PTSL di Kota Banjarmasin tahun 2021.

Penyerahan sertipikat dilaksanakan oleh Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda, didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Prov. Kalsel, Alen Saputra; PJ Gubernur Kalsel, Syafrizal dan Kepala Kantor Pertanahan se Provinsi Kalsel.

Sertipikat tersebut merupakan bagian dari target PTSL Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 sebesar 40.000 bidang tanah sedangkan target PTSL Kota Banjarmasin tahun 2021 sebesar 3.050 bidang.

Kementerian ATR/BPN juga melakukan sosialisasi program strategis serta capaiannya melalui media-media lainnya, baik yang dimiliki oleh Kementerian ATR/BPN seperti sosial media, website maupun media mainstream terkemuka di Indonesia.

Masifikasi informasi ini juga dilakukan melalui 1.883 akun media sosial yang Kementerian ATR/BPN miliki yang tersebar di seluruh unit kerja di seluruh Indonesia.

Kementerian ATR/BPN menyadari bahwa masalah pertanahan masih banyak terjadi. Dalam rangka reformasi birokrasi Kementerian ATR/BPN juga terus memperbaiki layanan kepada masyarakat.

Dalam rangka mengakomodir hal tersebut, Kementerian ATR/BPN menyediakan beberapa kanal pengaduan melalui akun media sosial dengan menyertakan hashtag #TanyaATRBPN, website LAPOR!, email surat@atrbpn.go.id, dan loket layanan persuratan.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.