Majukan Potensi Desa Manfaatkan Teknologi

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin.(ist)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com– Tiga desa di Kabupaten Tanah Bumbu dan 1 desa di Kabupaten Banjar akan dijadikan percontohan terobosan digitalisasi guna pengembangan teknologi informasi pemerintahan berbentuk sistem aplikasi desa yang bermanfaat memajukan administrasi desa, kinerja pemerintah desa, potensi desa disektor pariwisata dan UMKM.

“Di era teknologi sekarang ini berbagai kemudahan semua orang bisa mengakses informasi apa saja dengan mudah ini harus dimanfaatkan,” ujar
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin kepada kalselpos.com, Jumat (11/06).

Bacaan Lainnya

Menurutnya rencana percontohan desa ini bisa dimulai secepatnya sehingga bisa diikuti daerah lain, sementara pihaknya mencoba membantu terobosan lewat teknologi digitalisasi ini agar setiap desa bisa maju lebih cepat di semua sektor.

Artinya jika tidak melek kecanggihan saat ini maka akan tertinggal jauh. Kembali dia harapkan agar semua desa nantinya mengikuti jejak yang sama selama itu demi kemajuan dan kemaslahatan orang banyak.

“Desa percontohan digitalisasi ini ke depan mendorong desa-desa lain di Kalsel mengikuti jejak yang sama,” cetusnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Bang Dhin ini, dengan ditopang kecanggihan teknologi sekarang segala potensi atau produk-produk di desa bisa diperkenalkan dan dipasarkan dengan mudah, efisien dan cepat apalagi dengan sarana gadget tentu usaha apapun memiliki prosfek yang bagus kedepan. Hal ini tentu sejalan dengan upaya Pemerintah memulihkan sektor ekonimi masyarakat pasca dampak pandemi Covid-19.

“Jika ini bisa ditiru desa-desa lain maka wacana pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan,” cetusnya.

Disampaikannya, bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan pejabat terkait, termasuk kepala desa dan perangkat desa dalam penerapan teknologi informasi pemerintahan tersebut.

“Semoga dalam waktu dekat sudah bisa diterapkan untuk membantu desa dalam tata kelola pemerintahan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tukasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.