Pencanangan Program Sungai Martapura Bungas, DLH Kalsel ajak Masyarakat Treatment Sungai Martapura

  • Whatsapp
Sungai Martapura yang berada di Desa Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan merupakan denyut nadi kehidupan masyarakat setempat. (Ahmad Fauzie)(kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com-Sungai merupakan denyut nadi kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan, selain menjadikan sumber kehidupan, sungai juga berfungsi sebagai sarana ekonomi transportasi dan aspek budaya masyarakat Kalimantan Selatan.

Salah satu sungai terbesar di Kalsel adalah sungai Martapura. Sungai yg melintasi Kabupaten Banjar dan kota Banjarmasin ini, memiliki panjang sejauh 40 kilometer.

Bacaan Lainnya

Kendati mengalami pencemaran tingkat sedang, namun Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan organisasi lingkungan hidup berupaya menekan pencemaran dan mengembalikan fungsi sungai.

Hal ini tercetus pada Program Sungai Martapura Bungas yang dicanangkan dipuncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan di desa Sungai Rangas Tengah kecamatan Martapura Barat kabupaten Banjar Kalimantan Selatan pada Sabtu (5/6/2021).

Banyaknya kandungan mercury pada sungai Martapura akibat penambangan liar dibagian hulu, membuat masyarakat yang memanfaatkan sungai menjadi terancam.

Kepala DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan,ada sekitar 30 persen masyarakat beraktivitas dan menggunakan sungai Martapura. “Kita berharap adanya perbaikan dari pencemaran sedang menjadi ringan atau bahkan bebas dari pencemaran,” ungakp Kadis LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Ridwan Jamaluddin, Dirjen Minerba Kementerian SDM(kalselpos.com)

Pada kesempatan itu Dirjen Mineral dan Batu bara (Minerba) Kementrian SDM, Ridwan Jamaluddin menyampaikan,saatini aspek lingkungan lebih prioritaskan, “Seperti fungsi ekologis yang harus dikembalikan setelah selesai melakukan kegiatan pertambangan,” ucapnya.

Pada kegiatan launching Martapura Bungas itu turut dilakukan pembersihan sungai dan penanaman pohon di kawasan wisata Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.