Camat Teluk Kepayang hadiri panen raya padi di Desa Mangkalapi

Camat Teluk Kepayang, Joni Suwarno saat menghadiri panen raya padi gunung bersama Poktan Berkah Bersama, Desa Mangkalapi.(ist)(kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Camat Teluk Kepayang Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), H Joni Suwarno melakukan panen raya padi gunung bersama Kelompok Tani (Poktan) Berkah Bersama, Desa Mangkalapi, Sabtu (29/05/2021).

Marhasan, Ketua Poktan Berkah Bersama, Desa Mangkalapi Teluk Kepayang mengatakan kelompoknya menggarap lahan secara serentak dengan pola tradisional dan salah satu jenis tanaman padinya yaitu Padi Buyung.

Bacaan Lainnya

Kemudian untuk keseluruhan lahan yang diolah poktan seluas 62 Hektare dengan kondisi siap panen. Keseluruhan lahan ini dikelola tanpa menggunakan pupuk kimia, karena masih menggunakan pola tanam tradisional dengan kearifan lokal.

Pada kesempatan panen perdana itu, H. Joni Suwarno menyampaikan harapannya kedepan lahan yang luas itu terus dikelola secara berkelanjutan. Untuk para petani supaya senantiasa berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya para penyuluh dan Babinsa yang juga hadir dalam acara itu.

Menyangkut dengan pertanian di wilayah itu, terang Joni, para petani bersama unsur pemerintahan desa yang dapat mengusulkan pembuatan Jalan Usaha Tani sebagai usulan prioritas dalam pra Musrenbang Desa, sebab terlihat akses jalan menuju lokasi pertanian masih belum baik.

“Dengan pembuatan jalan itu nanti para petani dapat memperkecil biaya angkut hasil-hasil pertanian menuju pasar yang berada di Desa Teluk Kepayang atau bahkan para pembeli yang dapat langsung datang ke lahan petani,” jelas Joni.

Apalagi sektor pertanian juga menjadi salah satu program prioritas Bupati HM Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muh. Rusli dalam periode kepemimpinan mereka.

“Saya yakin, dengan kerjasama dan semangat para petani, ditambah support dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dan sinergitas semua pihak terkait, lahan ini bisa semakin dikembangkan menjadi OBJEK AGRO WISATA baru di Tanah Bumbu,” ungkap Joni.

Diakhir sambutannya, Joni berpesan kepada para petani dan kelompoknya untuk tidak segan-segan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Teruslah bekerjasama dengan semua pihak. Kami akan terus berupaya memberikan saran dan masukan, serta sebagai penyambung lidah kepada pihak terkait. Semoga lahan ini akan terus digarap secara berkesinambungan,” tutup Joni.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait