SMK Shalatiyah Bitin Tampilkan Budaya Lokal

SMK Shalatiyah Bitin di Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpilih mewakili Provinsi Kalsel di ajang lomba Perpustakaan sekolah tingkat Nasional 2021.(ist)

Amuntai,kalselpos.com – SMK Shalatiyah Bitin di Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpilih mewakili Provinsi Kalsel di ajang lomba Perpustakaan sekolah tingkat Nasional 2021.

Kepala SMK Shalatiyah Bitin, Kecamatan Danau Panggang, Ahmad Auria mengaku, telah siapkan program budaya kearifan lokal sebagai salah satu modal jelang persiapan lomba perpustakaan sekolah tingkat Nasional tahun 2021 mewakili Kalsel ini, Rabu (19/5).

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkap Ahmad Auria disela mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hj Lailannor Raudhah, saat melakukan pembinaan di Perpustakaan Sekolah SMK Shalatiyah Bitin.

Lebih lanjut, Ahmad Auria menuturkan disamping upaya peningkatan koleksi buku-buku dan program inovasi yang perlu dikembangkan untuk peningkatan minat baca, pihaknya juga berupaya memperkenalkan kearifan lokal seperti produk anyaman melalui pojok ruang kerja pustakawan di SMK Shalatiyah Bitin.

” Salah satu yang kita tampilkan adalah kearifan lokal di daerah kita, kita memiliki hasil kerajinan daerah yang nantinya dapat dipromosikan hasil karya dari anggota-anggota pustaka yang kita bina, mulai dari kerajinan anyaman tas, sandal dari eceng gondok dan purun, supaya generasi penerus tetap mempertahankan budaya kita,” Imbuhnya.

Meningkatkan hasil kerajinan tersebut, Ia menambahkan selama ini pihaknya telah bekerjasama dengan instruktur berpengalaman asal HSU, baik untuk teknis pembuatan kerajinan dari eceng gondok maupun purun.

Bahkan, menurutnya tak jarang dari hasil pelatihan para siswa-siswinya yang memiliki keterampilan, direkrut menjadi pekerja di tempat instruktur yang diketahui memiliki sentra industri anyaman ternama di Kabupaten HSU yakni Kelompok Usaha Bersama (KUB) ‘Kembang Ilung’ Desa Banyu Hirang.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait