58 KK korban banjir di Desa Sinar Bulan akan direlokasi

  • Whatsapp
Banjir saat merendan salah satu rumah warga di Kecamatan Satui.(kristiawan)

Batulicin,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, akan merelokasi warga yang terdampak banjir di Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui.

“Banjir yang terjadi di beberapa desa di sekitaran bantaran sungai Satui merupakan banjir yang terjadi hampir setiap tahun,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, H. Eryanto Rais kepada kalselpos.com Senin (17/5/21) sore.

Bacaan Lainnya

Jadi, kata dia, hampir setiap tahunnya ada sekitar 58 kepala keluarga (KK) warga Desa Sinar Bulan diungsikan untuk menghindari dampak banjir.

“Kemarin Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar turun langsung ke lapangan, dan berdialog dengan pengungsi, yang intinya mereka siap untuk direlokasi,” ungkapnya.

Adapun Relokasi tersebut, kata dia, khusus untuk 58 kepala keluarga yang kini telah mengungsi di gedung SMPN IV Satui.

Menurut Eryanto, hampir setiap tahunnya rumah ke 58 KK tersebut selalu terendam banjir sehingga perlu ada solusi jangka panjang, salah satunya ialah progres untuk relokasi, dengan demikian, untuk kedepannya kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Rencananya, dari 58 KK itu akan direlokasi tetap di daerah Desa Sinar Bulan, yakni di lokasi yang memiliki dataran lebih tinggi, seperti di sekitar SMPN lV.

Warga Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui yang terdampak banjir saat berada di pengungsian.(kristiawan)

Diharapkan, seluruh warga yang akan direlokasi, nantinya membuat surat pernyataan bersedia pindah dari lokasi tempat tinggal mereka saat ini, ke lokasi baru.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Tanah Bumbu mencatat sebanyak 5.308 jiwa terdampak banjir dan 268 jiwa mengungsi akibat banjir yang melanda enam desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Enam desa tersebut, yaitu, Desa Sinar Bulan, Satui Barat, Satui Timur, Jombang, Sungai Danau dan Desa Sejahtera.

“Dari enam desa yang terdampak tersebut, Desa Sinar Bulan dan Sungai Danau yang paling parah dilanda banjir, sehingga warga dari dua desa tersebut, terpaksa harus mengungsi,” terangnya.

Kemudian jumlah pengungsi dari Sinar Bulan sebanyak 58 kepala keluarga terdiri dari 212 jiwa dan dari Desa Sungai Danau ada sebanyak 36 kk atau 56 jiwa.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.