Ketua FKUB Kalsel: Hindari isu-isu yang memprovokasi

Ketua FKUB Kalsel, Dr H. Mirhan.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Setiap warga negara wajib menjaga kerukunan dan rasa kekeluargaan agar negara ini tetap damai dan aman.

Hal itu dikatakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr H. Mirhan kepada kalselpos com, Selasa (11/05).

Bacaan Lainnya

“Hindari isu-isu yang memprovokasi,” imbaunya.

Diharapkannya sebagai warga negara yang baik, penguatan Pancasila sebagai ideologi negara perlu didukung bersama, karena persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan dipererat.

Seiring dengan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo disetiap daerah tidak terkecuali Provinsi Kalsel harus tetap kondusif, sejuk dan aman, jauh dari pertikaian maupun permusuhan.

“Kita harus bisa meningkatkan kesadaran dan berusaha agar masyarakat menolak paham-paham yang tidak sesuai dengan Pancasila,” pesannya.

Apapun agama yang diyakini mengajarkan kepada penganutnya agar saling menjaga sikap, sopan santun dan saling menghargai karena bangsa Indonesia ini terlahir berlatar belakang banyak perbedaan.

“Sikap ini di mulai dari personal masing masing dan dimulai hal kecil dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita,” terangnya.

Lanjut mantan Ketua KPUD Kalsel ini, FKUB mendukung penuh berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanganan intoleransi radikalisme.

“Tugas kita bersama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, agar jangan terpecah belah oleh berbagai isu yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Selain itu fungsi media sosial juga harus dimanfaatkan dengan bijak dan cerdas, hindari postingan yang tidak jelas terlebih isu-isu sara yang cenderung memecah belah nilai persaudaraan dan persatuan.

Selalu mengutamakan pendekatan persuasif, dengan melibatkan forum-forum di masyarakat termasuk FKUB, untuk menciptakan suasana tetap aman dan kondusif.

“Mari kita senantiasa berdoa dan selalu istiqamah semoga Indonesia semakin aman, damai dan sejahtera, di bawah perlindungan Tuhan Yang Naha Esa,” tuturnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait